Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Siapakah Yesus - Historika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 6 - Yesus Memiliki Semua Kuasa

SIAPAKAH YESUS

Pelajaran 6 - YESUS MEMILIKI SEMUA KUASA

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Yesus Berkuasa Atas Alam
  2. Yesus Berkuasa Atas Roh-roh Jahat
  3. Yesus Mempunyai Kuasa Mengatasi Penyakit
  4. Yesus Memiliki Kuasa Mengampuni Dosa
  5. Yesus Memiliki Kuasa Atas Kematian

Doa

Bacaan Alkitab

Matius 28:18.

PENDAHULUAN

Yesus mati di kayu salib dan pada hari yang ketiga Dia bangkit dari kematian. Selama 40 hari setelah itu, Dia bertemu dengan murid-murid- Nya pada waktu yang berbeda. Para murid mengetahui bahwa Yesus telah mati di atas kayu salib, dikuburkan, dan sekarang hidup kembali. Mereka melihat-Nya. Mereka berbicara dengan-Nya. Mereka menjamah-Nya dengan tangan mereka sendiri. Pada akhir hari ke 40, Yesus memanggil semua murid-murid berkumpul. Seperti yang dikatakan-Nya pada mereka, Dia mengucapkan kata-kata yang kita temukan dalam ayat hafalan pelajaran ini, "Kepadaku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi" Yesus ingin para murid mengerti dengan baik tentang kuasa-Nya. Kemudian, setelah Dia selesai berbicara dengan murid-murid- Nya, Dia terangkat ke surga. Mereka berdiri dan memandang sampai Dia menghilang dibalik awan.

Orang Kristen tidak menyembah seorang Juruselamat yang mati dan dikuburkan. Mereka menyembah Anak Allah yang bangkit, hidup, dan penuh kuasa. Ketika Yesus hidup di dunia, Dia menunjukkan kuasa-Nya dalam berbagai cara dan dalam waktu yang berbeda. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar beberapa cara Yesus menunjukkan kuasa-Nya.

1. YESUS BERKUASA ATAS ALAM

  1. Kita mengetahui ini ketika kita melihat kuasa-Nya memerintahkan angin dan laut. Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya." Matius 8:23-27.

  2. Kita mengetahui ini ketika kita melihat kuasa-Nya berjalan di atas air. Yohanes 6:16-21.

  3. Kita mengetahui ini ketika kita melihat kuasa-Nya melipatgandakan lima roti dan dua ikan kecil sehingga 5.000 orang laki-laki dapat diberi makan. Kemudian setelah siap orang kenyang, masih ada sisa makanan dua belas keranjang. Yesus telah memberi makan 5.000 orang laki-laki dengan dua ikan dan lima roti namun makanan yang tersisa lebih banyak dari yang sebelumnya. Yohanes 6:5-14.

  4. Kita mengetahui hal ini ketika kita melihat kuasa-Nya memerintahkan pohon ara dan menyebabkannya menjadi kering. Matius 21:18-21.

  5. Yesus tidak hanya memiliki kuasa membuat langit dan bumi tapi juga Dia memiliki kuasa memelihara segala sesuatu dari kerusakan. Dunia yang kita diami sekarang akan hancur jika bukan karena kuasa dari Yesus. Setiap hari kita diijinkan hidup di dunia ini karena kuasa Yesus. Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Kolose 1:16-17.

2. YESUS BERKUASA ATAS ROH-ROH JAHAT

Alkitab mengajarkan bahwa ada roh-roh jahat yang mentaati perintah setan. Alkitab juga mengajarkan pada kita bahwa kuasa Yesus Kristus lebih besar dari pada kuasa Setan. Setiap orang yang percaya pada Kuasa Yesus dapat menang atas semua kekuatan Setan.

Ada beberapa bagian dalam Perjanjian Baru yang dapat kita baca bahwa Kuasa Yesus adalah lebih besar dari pada kuasa setan dan roh-roh jahat. Lihatlah salah satu bagian ini. Bacalah dengan teliti, Lukas 8:26-39. Ayat-ayat ini menunjukkan dengan jelas pekerjaan setan. Pekerjaan Setan adalah merusak. Setan menentang Allah dan orang yang ingin menyenangkan Allah. Ketika roh-roh jahat dari Setan berada dalam hati seseorang, Setan bekerja untuk merusaknya. Yesus mengusir Setan keluar dengan Kuasa-Nya. Kemudian mereka masuk ke dalam babi-babi yang sedang makan di sekitar tempat itu. Akibatnya babi-babi merusak dirinya sendiri dengan berlari masuk ke dalam danau dan mati di sana. Kuasa Setan selalu mencoba merusak segala sesuatu yang baik.

Kuasa Yesus selalu siap sedia menolong setiap orang yang sungguh- sungguh ingin menerima pertolongan-Nya. Karena Kuasa Yesus lebih besar daripada kuasa Setan, kita bisa menerima pertolongan yang kita perlukan.

3. YESUS MEMPUNYAI KUASA MENGATASI PENYAKIT

Beberapa orang disembuhkan dengan Kuasa Yesus. Perhatikan beberapa dari peristiwa tersebut.

  1. Penyakit kusta adalah penyakit kulit yang buruk dan pada masa Yesus tak seorangpun yang sakit kusta dapat disembuhkan. Dalam Markus 1:40-43 kita membaca seorang yang berpenyakit kusta datang kepada Yesus mohon pertolongan. Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: Yesus menyembuhkannya dengan satu sentuhan tangan.

  2. Dalam Markus 5:25-34 kita membaca tentang seorang wanita yang sakit selama dua belas tahun. Dia telah berobat kepada beberapa dokter dan telah menghabiskan uangnya dalam usahanya agar sembuh. Tidak seorangpun dapat menolongnya, tetapi ketika dia menjamah jubah Yesus, dia segera sembuh.

Ada banyak contoh lain saat Yesus menyembuhkan orang-orang sakit, tapi kita tidak akan membaca semua kisah tersebut dalam pelajaran ini. Satu hal yang harus kita ingat terus ialah tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan Yesus. Dia memiliki kuasa yang sempurna mengatasi semua penyakit.

4. YESUS MEMILIKI KUASA MENGAMPUNI DOSA

Pertanyaan yang sering diajukan ialah, "Bagaimana saya dapat memperoleh pengampunan dosa-dosa saya?" Beberapa orang mencoba mendapatkan pengampunan dengan mengakui dosa-dosanya kepada seorang Imam. Yang lain berharap menemukan pengampunan dengan menggabungkan diri pada satu gereja. Beberapa orang lainnya berharap mendapat pengampunan pada waktu dibaptiskan. Tetapi Alkitab mengajarkan pada kita bahwa tidak ada satupun dari hal-hal tersebut yang mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa.

Hanya Yesus yang mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa. Bacalah kembali Markus 2:1-12. Perhatikan khusus ayat 10. Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" - berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: Yesus berkata bahwa Dia mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa-dosa. Dia membuktikan bahwa Dia memiliki kuasa ini. Dia menyembuhkan orang yang dibawa kepada-Nya.

Jika Anda sedang mencari pengampunan atas dosa, Anda dapat yakin bahwa pengampunan dosa hanya ada dalam Yesus Kristus saja. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya Efesus 1:7. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab dibawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Kisah Para Rasul 4:12. Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya" Kisah Para Rasul 10:43.

5. YESUS MEMILIKI KUASA ATAS KEMATIAN

Bacalah dalam: Matius 9:23-26; Lukas 7:11-17, dan Yohanes 11:1- 46. Dalam tiap ayat ini, kita membaca bagaimana Yesus memberikan hidup pada seseorang yang telah mati. Mereka tidak hanya pingsan. Seorang wanita muda telah meninggal cukup lama di rumah itu karena teman-temannya berkumpul di rumahnya dan berdukacita dengan keluarganya. Mereka membawa anak laki-laki janda tersebut ke suatu pekuburan sehingga mereka dapat meletakkan jasadnya ke dalam kubur. Lazarus telah meninggal empat hari dan telah dikuburkan. Saudara perempuan Lazarus berkata bahwa tubuhnya telah mulai membusuk. Yesus menunjukkan kuasa atas kematian dengan mengembalikan kehidupan pada orang-orang tersebut

Dalam pelajaran kesembilan, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang kuasa Yesus; kuasa atas kematian. Anda akan melihat bahwa Dia mempunyai kuasa untuk mengambil kehidupan dan Dia juga memiliki kuasa memberikan kehidupan kepada semua orang yang telah mati.

Semua orang Kristen seharusnya penuh sukacita. Kita yang percaya dan mengikuti seseorang yang lebih besar daripada seorang guru besar atau nabi. Dia adalah Anak Allah yang hidup dan Dia memiliki semua kuasa di surga dan di bumi.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati