Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Siapakah Yesus - Historika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 5 - Yesus Adalah Firman Allah

SIAPAKAH YESUS

Pelajaran 5 - YESUS ADALAH FIRMAN ALLAH

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Yesus Mengungkapkan Sifat Alamiah Allah Yang Benar
  2. Yesus Menunjukkan Rencana Allah Untuk Keselamatan Manusia
  3. Yesus Menunjukkan Kehendak Allah Untuk Hidup Orang-orang Kristen
  4. Yesus Menunjukkan Kebenaran Mengenai Kehidupan Sesudah Kematian
  5. Yesus Adalah Firman Allah Yang Terakhir Bagi Manusia

Doa

Bacaan Alkitab

Yohanes 1:14.

PENDAHULUAN

Sebagaimana Anda pelajari dalam Yohanes 1:1-14 Anda akan membaca tentang firman. Mungkin ada pertanyaan dalam pikiran Anda, "Siapakah atau apakah firman itu?" Ayat hafalan ini akan memberikan jawaban pada Anda tentang hal ini. Anda membaca bahwa firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita. Karena hal ini, setiap orang bisa mengetahui dengan pasti bahwa firman adalah Yesus. Tetapi mengapa Yesus disebut firman? Pikirkan tentang hal itu dengan cara ini. Andai kata Anda berpikir tentang sesuatu hal yang khusus di dalam hati Anda ___ bagaimana caranya memberitahu teman-teman Anda tentang hal yang Anda pikirkan dalam hati Anda? Anda harus menerangkan pada mereka. Anda akan mempergunakan kata-kata untuk memberitahukan kepada teman Anda yang Anda inginkan supaya mereka ketahui.

Allah mengirim Yesus, yang adalah firman, membuat pesan-pesan-Nya diketahui oleh manusia. Itulah Yesus yang menyebabkan kita mengetahui hal-hal yang ada dalam hati Allah. Yesus membuat pesan Allah di kenal dengan pengajaran dan tindakan-Nya. Inilah sebabnya Yesus disebut firman. Dia adalah perkataan Allah untuk semua orang di segala jaman. Jadi, kita melihat bahwa "firman" adalah satu dari beberapa nama atau gelar Yesus. Sekarang lihatlah beberapa kebenaran agung tentang Allah, yang Yesus perlihatkan kepada kita sebagaimana firman Allah.

1. YESUS MENGUNGKAPKAN SIFAT ALAMIAH ALLAH YANG BENAR

Yesus berkata, "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" Yohanes 14:9. Banyak orang mempunyai pertanyaan ini dalam hati mereka, "Apa sifat alamiah Allah yang benar?" Tidak mungkin untuk menggambarkan dengan tepat sifat alamiah dari seseorang __ apa lagi bila orang itu adalah Allah. Itu jauh lebih baik jika kita bisa melihat orang itu. Itu persis apa yang telah terjadi dengan Yesus. Allah membiarkan kita melihat diri-Nya dalam Yesus Kristus. Nabi-nabi dalam Perjanjian Lama telah mencoba beberapa cara yang berbeda untuk menerangkan pada manusia tentang sifat alamiah Allah yang benar. Yang mereka katakan adalah benar tapi mereka tidak pernah sanggup menerangkan segalanya tentang Allah. Ini hanya bisa diketahui dengan melihat Allah. Manusia bisa melihat Allah seutuhnya dalam Yesus Kristus. Yesus adalah firman Allah untuk manusia sehingga manusia boleh sungguh-sungguh mengetahui sifat alamiah Allah.

2. YESUS MENUNJUKKAN RENCANA ALLAH UNTUK KESELAMATAN MANUSIA

Manusia dimanapun berada merasakan kebutuhan akan Allah dalam hatinya. Mereka mengetahui bahwa mereka telah berdosa terhadap Allah. Mereka tahu bahwa dosa menjadi penghalang antara manusia dan Allah. Mereka mulai berpikir, "Bagaimana saya bisa membuat hal-hal yang benar antara saya dengan Allah?" Dalam usaha mereka melakukan hal-hal yang benar, mereka melakukan hal-hal yang berbeda. Beberapa orang menyembah pada nenek moyang mereka. Beberapa orang menyembah dewa-dewa yang terbuat dari kayu dan batu. Beberapa orang membunuh binatang untuk sebuah persembahan. Sebagian orang mengikuti pengajaran-pengajaran manusia. Semuanya itu tidak ada yang benar. Jika seorang manusia menginginkan keselamatan Allah, dia tidak boleh mengikuti pikiran- pikirannya atau pikiran manusia yang lain. Dia harus belajar dan mengikuti rencana Allah.

Yesus adalah firman Allah untuk manusia jalan kebenaran untuk keselamatan. Yesus berkata, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." Yohanes 14:6

3. YESUS MENUNJUKKAN KEHENDAK ALLAH UNTUK HIDUP ORANG-ORANG KRISTEN

Anda sudah melihat bahwa Yesus adalah firman Allah untuk manusia dan Dia menunjukkan rencana keselamatan Allah kepada manusia. Yesus adalah juga firman Allah untuk manusia yang telah selamat. Jadi manusia yang sudah diselamatkan tersebut bisa mengetahui bagaimana seharusnya dia hidup. Orang-orang Kristen seharusnya membaca Alkitab dengan seksama. Mereka seharusnya mempelajari kehidupan Yesus. Kehendak Allah, di atas segala-galanya, dinyatakan dalam hidup Yesus. Ketika Yesus berpikir tentang penderitaan yang besar yang akan dialami di atas kayu salib, Dia berdoa pada Allah, "Ya BapaKu, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari padaKu, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." Matius 26:39. Jika ada cara untuk melarikan diri dari penderitaan di atas kayu salib, Yesus mau melarikan diri. Tetapi hasrat melakukan kehendak Allah lebih besar daripada keinginan untuk melarikan diri dari penderitaan yang akan datang. Karena Yesus meletakkan kehendak Allah di atas keinginan sendiri, ada jalan keselamatan untuk kita pada hari ini.

Kita juga harus mengingat hal ini. Yesus adalah firman Allah untuk semua manusia. Dia tidak hanya menerangkan pada manusia bahwa mereka harus mematuhi Allah tapi Dia menunjukkan pada mereka bagaimana harus mematuhi Allah. Mereka harus melakukan itu dengan meletakkan keinginan Allah di atas semua keinginan dalam hidup mereka.

4. YESUS MENUNJUKKAN KEBENARAN MENGENAI KEHIDUPAN SESUDAH KEMATIAN

Seorang guru tidak bisa mengajarkan mata pelajaran yang sulit kepada anak-anak sekolah dasar. Mereka mulai belajar. Oleh karena itu pertama kali mereka diajarkan hal-hal yang sederhana. Kemudian bila mereka belajar dengan baik, mereka siap untuk belajar hal-hal yang lebih tinggi. Perjanjian Lama adalah seperti sekolah dasar. Permulaan kebenaran yang agung yang diajarkan dalam Perjanjian Lama dan kebenaran-kebenaran lain perlu untuk dipelajari dengan baik. Tapi dalam Yesus kita memperoleh pengertian yang lebih banyak tentang Allah dan hidup sesudah kematian. Pengajaran mengenai hidup sesudah mati adalah lebih jelas dalam Perjanjian Baru daripada dalam Perjanjian Lama. Yesus adalah firman Allah yang membuat kebenaran-kebenaran ini jelas bagi kita.

Anda akan belajar lebih dalam tentang hidup sesudah kematian dalam pelajaran sebelas dari kursus ini. Sementara itu Anda harus menyimpan dalam hati Anda bahwa Yesus adalah firman Allah bagi kita. Jika kita ingin mengerti segala sesuatu mengenai kehidupan sesudah kematian, kita harus mempelajari yang Dia ajarkan.

5. YESUS ADALAH FIRMAN ALLAH YANG TERAKHIR BAGI MANUSIA

Bila kebenaran telah diberitakan, tidak perlu hal yang lain ditambahkan. Allah telah berbicara tentang kebenaran yang penuh melalui keselamatan dan hidup orang Kristen dalam Yesus Kristus. Dalam Kolose 1:15 kita membaca mengenai Yesus, "Ia adalah gambar Allah yang tak kelihatan." Allah telah ditunjukkan dengan sempurna dalam Yesus Kristus. Jadi jika manusia ingin mengetahui kebenaran tentang Allah, dia harus belajar kebenaran ini dari Yesus Kristus. Orang lain berkata, "Tapi Allah memberitahukan pada kami lebih daripada tulisan yang ada dalam Alkitab. Kami mempunyai Alkitab dan kebenaran yang ditambahkan." INI ADALAH SUATU KEBOHONGAN. Hal- hal yang telah Allah tunjukkan tentang diri sendiri sudah dilengkapi dengan sempurna dalam Yesus Kristus.

Jika sebuah gambar yang telah sempurna di lukis, maka apa saja yang ditambahkan pada gambar itu atau apa saja yang di ambil dari gambar itu akan merusak gambar itu. Allah digambarkan secara sempurna dalam Yesus. Kapan saja, seseorang mencoba mengambil atau menambahkan pada gambar Allah, yang kita lihat dalam Yesus Kristus, orang itu merusak gambar itu.

Allah telah berbicara dengan jelas tentang mereka yang mencoba mengubah Alkitab dengan cara apapun juga. Dalam buku terakhir dari Alkitab, di buat jelas bahwa seseorang yang datang dengan "penambahan" tidak datang dari Allah. Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan- perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini." Wahyu 22:18-19.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati