Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Siapakah Yesus - Historika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 12 - Yesus Adalah Untuk Semua Orang

SIAPAKAH YESUS

Pelajaran 12 - YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Nabi-nabi Berkata Bahwa Yesus Adalah Untuk Semua Orang
  2. Malaikat Berkata Bahwa Yesus Adalah Untuk Semua Orang
  3. Yohanes Pembaptis Berkata Bahwa Yesus Adalah Untuk Semua Orang
  4. Yesus Berkata Bahwa Berita Keselamatan Adalah Untuk Semua Orang
  5. Allah Hanya Mempunyai Satu Rencana Keselamatan Untuk Semua Orang
  6. Beberapa Nama Tuhan Kita Yang Ditemukan Dalam Alkitab
  7. Siapakah Orang-orang Baptis
  8. Undangan Untuk Menerima Yesus Kristus

Doa

Bacaan Alkitab

Yohanes 3:16.

PENDAHULUAN

Pada mulanya, setan membawa Adam dan Hawa masuk dalam dosa melalui satu dusta. Adam dan Hawa harus mempertanggungjawabkan dosa-dosa mereka karena mereka lebih mempercayai kebohongan setan daripada kebenaran Allah. Sampai sekarang setan masih terus membawahi orang- orang ke dalam dosa dengan kebohongannya. Salah satu dusta besar yang disebarkan Setan di Indonesia pada masa kini adalah: "Yesus hanyalah Allah untuk orang-orang kulit putih, bukan untuk orang-orang Indonesia." Siapa yang mendengar dan mengikuti dusta ini akan terhilang selama-lamanya.

Setiap orang yang memikirkan dirinya dan membaca Alkitab, tidak akan pernah tertipu dengan dusta ini. Kita seharusnya mengerti bahwa hanya ada satu Allah. Dia adalah Allah untuk semua orang. Dia yang menjadikan semua orang. Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa Allah yang satu ini hanya mempunyai satu rencana keselamatan. Rencana keselamatan ini berlaku sama untuk setiap orang di dunia ini. Raja- raja dan Ratu-ratu agar dapat diselamatkan harus bertobat dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, seperti juga orang- orang yang paling miskin dan hina. Para dosen/guru di Universitas atau orang yang tidak berpendidikan juga harus bertobat dan mempercayai Yesus. Orang kulit hitam, coklat dan putih semua harus bertobat dan mempercayai Yesus dengan cara yang sama jika mereka mau memperoleh keselamatan dan hidup kekal. Ya, hanya ada satu Allah, satu Juruselamat dan satu jalan keselamatan.

Setan telah berdusta ketika dia mengatakan bahwa Yesus hanya untuk orang-orang kulit putih saja. Alkitab menjelaskan dan mengatakan bahwa Yesus adalah untuk setiap orang. Perhatikan firman Allah mengenai hal ini.

1. NABI-NABI BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku Kejadian 22:18. Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah- olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu" yaitu Kristus. Galatia 3:16. Ayat-ayat dalam Kejadian tersebut mengajarkan bahwa rencana Allah untuk menunjukkan kemurahan-Nya kepada semua orang di dunia ini melalui anak Abraham. Ayat-ayat dalam Galatia menunjukkan kepada janji dalam kitab Kejadian tersebut. Hal itu menjelaskan kepada kita bahwa Anak yang menunjukkan kemurahan di dunia itu adalah Yesus Kristus. Allah telah menjelaskan di dalam Alkitab Perjanjian Lama bahwa Juruselamat yang dijanjikan itu adalah untuk semua orang di dunia.

Dalam Yesaya 49 kita membaca satu nubuatan mengenai Juruselamat yang dijanjikan itu. Kita menemukan ayat-ayat mengenai pribadi yang dijanjikan tersebut dalam bagian terakhir dari ayat 6, "Aku akan membuat Engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang daripada-Ku sampai ke ujung bumi." Yesus berkata bahwa Dialah Terang Dunia. Hal itu pasti. Allah telah merencanakan bahwa Yesus haruslah menjadi suatu terang yang menunjukkan jalan keselamatan kepada semua bangsa di dunia ini.

2. MALAIKAT BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud Lukas 2:10-11. Para malaikat menyampaikan berita yang Allah berikan pada mereka. Dalam berita yang dari Allah tersebut, malaikat menyatakan dengan jelas bahwa Yesus adalah Juruselamat dan Yesus adalah untuk semua orang.

3. YOHANES PEMBAPTIS BERKATA BAHWA YESUS ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Ketika Yohanes Pembaptis mempersiapkan jalan bagi Yesus, dia berkata tentang Yesus dengan kata-kata ini "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" Yohanes 1:29. Yohanes Pembaptis mengerti bahwa Yesus tidak datang menyelamatkan satu ras manusia. Yohanes menyatakan bahwa Yesus akan menjadi Juruselamat bagi setiap orang yang akan bertobat dan mempercayai- Nya.

4. YESUS BERKATA BAHWA BERITA KESELAMATAN ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

Sebelum Yesus terangkat ke surga, Dia berbicara kepada murid-murid- Nya dan berkata "pergilah jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" Matius 28:19. Yesus mengatakan kepada para murid bahwa berita keselamatan adalah untuk setiap orang di dunia ini.

5. ALLAH HANYA MEMPUNYAI SATU RENCANA KESELAMATAN UNTUK SEMUA ORANG

Renungkanlah ayat hafalan untuk pelajaran ini Yohanes 3:16. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Dari ayat tersebut kita belajar bahwa Allah mengasihi setiap orang. Kita juga belajar bahwa Allah telah memberikan Yesus, Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang akan mempercayai Yesus tidak akan terhilang tetapi mempunyai hidup yang kekal.

Setan akan berusaha membuat kita percaya bahwa Yesus hanyalah untuk sekelompok orang saja, tapi hal itu adalah satu dusta yang melawan kebenaran yang diajarkan Allah. Allah menjelaskan bahwa Yesus adalah Juruselamat setiap orang. Setiap orang yang bertobat dan percaya kepada Yesus akan mempunyai hidup yang kekal. Biarlah kita tidak sampai tertipu oleh dusta setan. Kita harus percaya kepada Allah.

6. BEBERAPA NAMA TUHAN KITA YANG DITEMUKAN DALAM ALKITAB

Alfa Dan Omega

Tuhan

Perencanaan Keselamatan Kekal Guru
Guru Dan Tuhan Mesias
Awal Dan Akhir Kristus
Pengantar Nabi
Anak Yang Dikasihi Rabi
Yang Diberkati dan yang Maha Kuasa Pintu
Anak Tunggal Bapa Penasihat
Bintang Fajar Yang Cemerlang Roti Hidup
Anak Tunggal Raja Damai
Raja dan Juruselamat Tunas Daud
Yesus Kristus Aku
Yesus Kristus Tuhan Kita Shilo
Kristus Tuhan Yang Kudus
Kebangkitan Dan Hidup Anak Daud
Pokok Anggur yang Benar Imanuel
Taruk Dari Akar Isai Yesus
Pintu Domba-Domba Kristus
Bapa Yang Kekal Yesus
Pemerintah Israel Raja
Gembala Yang Baik Kehidupan
Juruselamat Terang Dunia
Juruselamat Dunia Pokok Anggur
Pemerintah Jalan
Iman Besar/Agung Firman
Tongkat Lambang Kekuasaan Yang Ajaib
Benih Dari Seorang Wanita Tuhan Yesus Kristus
Anak Allah Tuhan Segala Tuhan

Anak Manusia

Anak Yang Diberkati
Yesus Dari Nazaret Manusia Yang Menderita Tuhan
Anak yang Maha Tinggi Hidup Dan Mati
Hakim Orang-Orang Raja Israel
Putera Allah Yang Hidup Yang Diurapi
Bintang Yakub Allah Perkasa
Guru Yang Dari Allah Tuhan Dan Allah
Raja Israel Raja Di atas Segala Raja
Domba Allah Roti Kehidupan
Kebenaran

7. SIAPAKAH ORANG-ORANG BAPTIS?

Baptis adalah sekumpulan orang-orang Kristen yang mulai ada pada permulaan abad tujuh belas. Dalam memberitakan Kitab Injil, mereka memiliki menekankan pengalaman perubahan hidup. Sejak dari awal, mereka kebebasan beragama -- pemisahan Gereja dan Negara. Tekad ini membawa penganiayaan dan menyebabkan anggota-anggota terpencar ke banyak negara.

Akhir tahun 1700, Gereja Baptis sangat peduli bahwa setiap orang di dunia mempunyai kesempatan mendengar "Kabar Baik" tentang Kristus. Penterjemahan dan pembuatan Alkitab menjadi satu bagian utama dari pekerjaan mereka. Karena itu, gereja-gereja ini sekarang tersebar di seluruh dunia.

Beberapa negara dengan anggota Baptis yang besar adalah: Nigeria, Rusia, Brazil, India dan Indonesia. Ada sekumpulan terbesar orang- orang Kristen di Amerika Serikat. Mungkin Anda telah mendengar beberapa anggota Baptis: John Buyan -- yang menulis Pilgrimís Progress, Ev. Billy Graham, Charles Haddon Spurgeon, dan Presiden sekarang dan mantan presiden -- Tolbert dari Liberia, Carter dan Clinton dari U.S.A.

Berikut adalah garis besar secara ringkas kepercayaan Orang Baptis.

  1. YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN
    Orang-orang Baptis percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Dia adalah Tuhan di surga dan di bumi. Kita harus menuruti-Nya karena Dia adalah Tuhan dan Tuan atas hidup kita.
  2. ALKITAB ADALAH SATU-SATUNYA PENUNTUN KITA
    Artinya kita mengamini pengajaran dari Alkitab. Kita percaya bahwa Allah telah menyatakan diri-Nya melalui Kristus, sebagaimana ditulis dalam Alkitab, dan tidak ada wahyu Allah lagi yang diperlukan.
  3. KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB SETIAP ORANG KEPADA ALLAH.
    Orang-orang Baptis percaya bahwa hanya ada satu perantara Allah dan manusia, Yesus Kristus Tuhan kita. Kita tidak memerlukan seorang pendeta atau ada orang lain yang untuk berbicara kepada Allah bagi kita. Setiap orang bisa berdoa langsung kepada Tuhan melalui Kristus dan akan didengar Allah.
  4. LAHIR BARU ADALAH PENTING
    Orang-orang Baptis percaya bahwa setiap orang yang akan masuk ke surga harus dilahirkan kembali secara rohani. Kelahiran baru ini datang oleh kemurahan Allah melalui iman. Kita tidak bisa melakukan sesuatu apapun sendiri untuk layak mendapatkan hal itu.
  5. DEMOKRASI GEREJA SETEMPAT
    Tiap anggota gereja Baptis mempunyai satu suara. Orang kaya mempunyai satu suara, orang miskin mempunyai satu suara, dan Pendeta hanya mempunyai satu suara. Hal ini berarti bahwa gereja Baptis bekerja sebagaimana satu tubuh demokrasi dibawah pimpinan Allah dalam memutuskan masalah-masalah kegiatan.
  6. KEBEBASAN BERAGAMA DAN PEMISAHAN GEREJA DAN PEMERINTAH
    Baptis dikenal dari penekanan mereka yang kuat akan kebebasan beragama dan pemisahan gereja dan pemerintah. Ini berarti bahwa gereja tidak mengatur pemerintah dan pemerintah mengijinkan kebebasan gereja beribadah. Alkitab mengajarkan pada kita bahwa orang-orang Kristen adalah warga negara yang baik di negara mereka.
  7. SAKRAMEN PEMBAPTISAN DAN PERJAMUAN KUDUS
    Baptis percaya bahwa hanya ada dua sakramen dalam Perjanjian Baru, baptisan dan Perjamuan Kudus. Yang pertama diberikan pada awal pelayanan Kristus di muka umum, yang kedua diberikan akhir pelayanan Kristus di muka umum. Kedua peraturan itu adalah hanya simbol, dan tidak menyelamatkan atau menolong untuk menyelamatkan dengan cara apapun.
  8. KEANGGOTAAN GEREJA
    Tiga hal penting untuk setiap orang untuk dapat diterima sebagai anggota gereja Baptis. Pertama, dia harus diselamatkan dengan bertobat atas dosa-dosanya dan mempercayai Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan. Kedua, dia harus hadir di satu gereja setempat dan memohon keanggotaan. Ketiga, dia harus dibaptis dalam ketaatan kepada perintah Yesus.

PENTING

SILAKAN MEMBACA HALAMAN BERIKUTNYA DENGAN SEKSAMA DAN SUNGGUH-SUNGGUH DALAM DOA

8. UNDANGAN UNTUK MENERIMA YESUS KRISTUS

Ayat Hafalan:

"Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu dan barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang." Yohanes 6:37

Anda baru saja selesai mempelajari dua belas pelajaran mengenai Yesus Kristus. Anda telah belajar dari Alkitab tentang siapa Yesus. Anda telah belajar bahwa Dia adalah Anak Allah dan Dia mati menyelamatkan Anda dari dosa-dosa Anda.

Mungkin Anda berpikir dalam hati Anda, "Ya saya tahu siapa Yesus dan apa yang telah Dia lakukan untuk saya. Tapi bagaimana saya menerima-Nya sebagai Juruselamat saya pribadi?" Mari saya beritahu Anda.

Pertama Anda harus mengerti bahwa Yesus mencintai Anda. Dia mau menyelamatkan Anda, dan itulah mengapa Dia mati untuk Anda. Hari ini Dia mengetahui semua tentang dosa-dosa Anda. Dia juga mengetahui jika Anda mau meninggalkan dosa-dosa dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidup Anda.

Anda harus benar-benar bertobat atas dosa-dosa Anda. Ini berarti Anda mengetahui bahwa Anda adalah seorang berdosa, ada dukacita yang sesungguh-Nya dalam hati Anda karena dosa-dosa Anda dan Anda mau meninggalkan semua dosa-dosa Anda dan mengikuti Yesus. Anda mau jalan Yesus untuk hidup Anda lebih daripada Anda mau jalan Anda sendiri. Jika ini benar maka Yesus siap sedia menerima Anda dan menyelamatkan Anda dari dosa-dosa Anda. Dalam Yohanes 6:37, Yesus memberikan janji ini: "Semua yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu, dan barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang."

Itu adalah Allah yang mengirim Roh Kudus untuk berbicara dalam hati Anda. Itu adalah Roh Kudus Allah yang meletakkan hasrat dalam hati Anda untuk berbalik dari dosa dan datang pada Yesus. Ketika Anda mematuhi suara Roh Kudus dan datang pada Yesus. Dia akan menerima Anda.

Jika Anda benar-benar melakukan hal-hal di atas, Anda harus bersedia mengakui Yesus secara terbuka atau di depan umum. Yesus berkata bahwa jika kita malu pada-Nya, Dia juga akan malu pada kita. Anda bisa menunjukkan bahwa Anda tidak malu akan Yesus dan bahwa Anda mau menerima-Nya sebagai Juruselamat dan Tuhan Anda dengan mengisi dan menandatangani blangko di akhir buku ini. Kiranya Allah memimpin Anda kepada keselamatan dalam Kristus melalui Roh Kudus yang akan bekerja dalam hati Anda.

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia rela mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak BINASA, melainkan beroleh HIDUP YANG KEKAL." Yohanes 3:16.

Saya telah bertobat atas dosa-dosa saya dan telah percaya Yesus Kristus sebagai Juruselamat saya. Saya telah menerima-Nya dalam hati saya. Saya percaya bahwa Yesus adalah hanya satu-satunya yang memiliki kuasa menyelamatkan saya dan memberikan saya hidup kekal.

(Tertanda) __________________________________________________________

(Nama dalam huruf balok) ______________________________________________

(Alamat) ___________________________________________________________

__________________________________________________________________

Nomor Induk _______________________________________________________

Nomor Telepon _____________________________________________________

------------------------ Gunting di sini dan kirim ke gurunya atau Pendeta ----------------------------------


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta © 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati