Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Siapakah Yesus - Historika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 10 - Yesus Adalah Tuhan

SIAPAKAH YESUS

Pelajaran 10 - YESUS ADALAH TUHAN

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Arti Kata "Tuhan"
  2. Yesus Adalah Tuhan Atas Setiap Orang Kristen
  3. Orang-orang Kristen Harus Mematuhi Yesus Sebagai Tuhan
  4. Pada Hari Terakhir Semua Manusia Akan Mengakui Yesus Sebagai Tuhan

Doa

Bacaan Alkitab

Kisah 2:36.

PENDAHULUAN

Pada pelajaran ini, Anda akan mempelajari kebenaran agung lain yang berhubungan dengan Yesus. Anda akan mengetahui bahwa Yesus adalah Tuhan. Alkitab mengajarkan bahwa seseorang tidak bisa menerima Yesus sebagai Juruselamat kalau dia tidak bersedia menerima Yesus sebagai Tuhan. Yesus sendiri berkata, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku." Lukas 9:23. Yesus menyampaikan kata-kata tersebut agar setiap orang yang ingin mengikuti-Nya mengerti bahwa kekristenan bukanlah sesuatu yang mudah. Kadang-kadang pengikut-pengikut (orang yang percaya kepada) Yesus akan menghadapi bahaya besar. Yesus sendiri menghadapinya sampai akhirnya pada kematian yang paling menyakitkan - mati di atas kayu salib. Sebagai pengikut-pengikut Yesus, kita harus bersedia berjalan di jalan Tuhan dan melakukan kehendak Allah berapapun harga yang harus di bayar.

1. ARTI KATA "TUHAN"

Dalam Alkitab kata "Tuhan" mempunyai arti yang kuat. Tuhan lebih dari sekedar gelar yang diberikan kepada seseorang. Penggunaan kata "Tuhan" dalam Alkitab berarti bila seseorang adalah tuan atas sesuatu, maka sesuatu itu adalah kepunyaannya dan dia mempunyai kuasa penuh atasnya. Dia dapat perlakukan benda-benda tersebut sesuai kehendaknya.

Jika Anda membeli sebuah sepeda, Anda menjadi pemilik atas sepeda itu, Anda mempunyai kuasa tentang bagaimana sepeda digunakan dan yang akan dilakukan terhadap sepeda itu. Sama seperti hal itu, pikirkanlah tentang ketuhanan Yesus Kristus.

2. YESUS ADALAH TUHAN ATAS SETIAP ORANG KRISTEN

  1. Yesus adalah Tuhan atas setiap orang Kristen karena Dia telah membayar harga untuk menyelamatkan setiap orang Kristen dari dosa dan penghukuman kekal karena dosa. Dalam 1Korintus 6:19-20 kita membaca ayat-ayat ini, "Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! Beberapa ayat-ayat lain berkaitan dengan hal ini ditemukan dalam 1Petrus 1:18-19. "Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana; bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Anak Domba yang tak bernoda dan tak bercacat." Jadi, Anda dapat melihat bahwa Yesus berkuasa atas kehidupan setiap orang Kristen karena Yesus telah membeli orang itu dengan kematian-Nya di atas kayu salib.

  2. Yesus adalah Tuhan atas setiap orang Kristen karena setiap orang yang telah bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat-Nya juga menerima-Nya sebagai Tuhan. Satu hal yang harus dikerjakan orang Kristen pada masa Perjanjian Baru adalah mengakui Kristus sebagai Tuhan mereka. Bacalah Roma 10:9. Anda juga akan melihat bahwa semua orang Kristen menyadari ketuhanan Yesus bila mereka membaca 1Korintus 8:6, yang berbunyi sebagai berikut. "Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup."

3. ORANG-ORANG KRISTEN HARUS MEMATUHI YESUS SEBAGAI TUHAN

Beberapa orang mau mengakui Yesus sebagai Tuhan hanya dengan mulut mereka saja. Yesus tidak menerima pengakuan seperti ini. Dalam Lukas 6:46 Yesus mengajukan satu pertanyaan, "Mengapa kamu berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?" Yesus berbicara lagi mengenai hal ini dalam Matius 7:21, " Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di surga." Orang yang sungguh- sungguh menerima Yesus sebagai Juruselamatnya, juga telah menerima Yesus sebagai Tuhan dalam seluruh hidupnya. Apabila seorang Kristen mengetahui kehendak Allah tentang kehidupannya, dia akan mencoba melakukannya. Tidak mungkin kita mengungkapkan semua hal yang Tuhan Yesus ingin kita lakukan. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh orang Kristen.

  1. Yesus ingin orang Kristen mengakui-Nya sebagai Juruselamat dan Tuhan. Orang Kristen seharusnya tidak malu mengakui Yesus. Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di surga. Matius 10: 32-33.

  2. Yesus ingin orang Kristen hidup dalam jalan yang akan menyebabkan orang bisa memuliakan Allah. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagi pula orang tidak menyalakan di bawah gantang, melainkan di atas kaki dan sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga. Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya Matius 5:14-16.

  3. Pekerjaan dan peranan setiap orang Kristen harus sesuai dengan kehendak Allah. Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah 1Korintus 10:31.

  4. Yesus mempunyai rencana bagi pernikahan setiap orang Kristen dan bagaimana dia seharusnya hidup di rumahnya. Orang Kristen harus membaca Alkitab dan mempelajari serta melakukannya. Hai anak-anak taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu - ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Efesus 6:1-4. Bacalah Efesus 5:22- 33.

  5. Yesus seharusnya menjadi Tuhan atas uang orang Kristen. Sepersepuluh dari uang orang Kristen seharusnya diberikan untuk pekerjaan Tuhan. Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup. Ibrani 7:8. Sisa uang yang ada haruslah digunakan dengan cara yang akan menyenangkan Allah.

  6. Yesus harus menjadi Tuhan atas waktu orang Kristen. Orang Kristen seharusnya tidak melakukan kesibukan sampai menyita waktu untuk membaca Alkitab 2Timotius 2:15. Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu. Untuk berdoa membaca Matius 26:41. Berjaga- jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." Dan mengikuti ibadah di Gereja. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. Ibrani 10:25.

  7. Yesus ingin agar setiap orang Kristen memberitakan kepada orang lain tentang Dia dan tentang jalan keselamatan. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28:19-20.

  8. Yesus ingin setiap orang Kristen dibaptis dan aktif di Gereja. Bacalah bagaimana orang-orang yang diselamatkan melakukan hal ini pada jaman Perjanjian Baru Kisah Para Rasul 2:37-47.

4. PADA HARI TERAKHIR SEMUA MANUSIA AKAN MENGAKUI YESUS SEBAGAI TUHAN

Memang benar banyak orang menolak menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan mereka. Beberapa orang menertawakan orang Kristen yang hidup sesuai kehendak Tuhan Yesus Kristus. Suatu hari kelak orang-orang ini akan menyadari kesalahan mereka. Bacalah dalam Filipi 2:5-11. Mereka akan muncul di hadapan Yesus ketika mereka berdiri di hadapan Allah untuk dihakimi. Mereka akan melihat Yesus sedang duduk di atas takhta dan siap sedia untuk menghakimi mereka. Maka mereka akan mengetahui kekeliruan besar mereka. Tapi waktu bertobat telah berlalu. Pada hari terakhir, Tuhan Yesus akan menerima setiap orang yang menerima-Nya sebagai Juruselamat dan Tuhan ketika mereka masih hidup di dunia.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati