Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Sepuluh Hukum Allah Untuk Kehidupan Manusia - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 8 - Perintah Ketujuh

SEPULUH HUKUM ALLAH UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA

PELAJARAN 8 - PERINTAH KETUJUH

Bacaan Alkitab: Matius 5:27-32

Ayat Hafalan:

"Jangan berzinah." Keluaran 20:14.

Peraturan ketujuh untuk kehidupan manusia yang diberikan Allah adalah "Jangan berzinah." Keluaran 20:14. Perintah ini berhubungan dengan kemurnian hati. Ini adalah suatu perintah yang menentang perzinahan dan kecemaran. Perintah ini diberikan Allah untuk menjaga rumah tangga dan keluarga.

TERMASUK SEGALA JENIS KECEMARAN

Perintah ini termasuk menghindari segala kecemaran dan bukan hanya perzinahan, tetapi juga kumpul kebo (hubungan sex di luar pernikahan, khususnya antara pasangan yang belum menikah). Semua buku, nyanyian, gambar jorok yang cenderung untuk mengotori dan merendahkan pikiran dan tubuh adalah bertentangan dengan hukum Allah ini.

ARTI PERZINAHAN

Perzinahan adalah dosa antara seorang laki-laki yang membuat hubungan cinta dengan istri orang lain saat suaminya sedang tidak di rumah. Hal itu juga berarti dosa dari seorang istri yang mempunyai seorang "teman" yang bukan suaminya. Berarti juga dosa dari seorang suami yang meninggalkan istri dan keluarganya karena mencari yang lain. Ini adalah dosa yang bertentangan dengan kemurnian pernikahan Kristen.

Seorang Kristen harus menjaga matanya untuk tidak melihat perbuatan-perbuatan, buku-buku atau gambar-gambar yang jorok. Seorang Kristen harus menjaga lidah dan telinganya dari pembicaraan yang kotor. Seorang Kristen harus menjaga pikirannya dari pikiran- pikiran yang kotor dan tubuhnya dari tindakan-tindakan yang kotor. Inilah aturannya: jika anda tergelincir dalam dosa kedagingan, cepatlah bertobat, dan akan diampuni. Saat anda diampuni, jauhkan hal itu dari pikiran anda, dan janganlah mencoba untuk memikirkannya lagi. Kitab Amsal dalam Perjanjian Lama mengatakan, "Siapa yang melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri." Amsal 6:32.

RENCANA ALLAH YANG MULIA

Pada awal penciptaan manusia, Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Nafsu birahi adalah sesuatu yang menjadi bagian kita dan mempengaruhi seluruh tubuh, jiwa dan roh kita. Hal itu dikaruniakan oleh Allah dan rencana Allahlah agar pria dan wanita bersatu untuk membentuk sosok manusia yang utuh. Merupakan bagian dari rencana Allah bahwa laki-laki akan meninggalkan ibu dan ayahnya dan akan mendapatkan seorang istri. Juga merupakan rencana Allah bahwa kita harus mengasihi dan menghormati pasangan kita. Benar bahwa banyak orang yang bukan Kristen hidup setara dengan kehidupan binatang. Namun, marilah kita ingat bahwa tingkat kehidupan binatang adalah untuk binatang dan bukan untuk manusia. Allah menciptakan manusia dengan tingkat kehidupan yang lebih tinggi daripada apa yang Dia ciptakan untuk binatang.

Pernikahan adalah merupakan hubungan yang kudus. Hukum Allah ini melindungi hak-hak suami dan istri dalam kehidupan pernikahan. Seperti perintah yang keenam "Jangan membunuh" maka perintah ini, yang berdasarkan pada kekudusan kepribadian manusia, menghendaki kita untuk mengasihi dan saling menghormati kepribadian orang lain.

MENGAPA ALLAH MELARANG PERZINAHAN?

Allah melarang perzinahan karena merugikan manusia. Allah mengasihi kita dan menghendaki kita memiliki dan menikmati hal- hal yang terbaik dalam hidup. Perzinahan meninggalkan perasaan bersalah dan takut dan membawa pada ketidakbahagiaan, bahkan kadang- kadang membawa pada kematian itu sendiri. Seorang suami atau istri yang tidak setia berarti melakukan ketidakjujuran. Kita tidak bisa berbuat tidak jujur tanpa menyinggung orang lain.

TUHAN YESUS BERBICARA MENGENAI PERINTAH INI

Dalam Matius 5:27-32 Tuhan Yesus berbicara mengenai perintah ini yang diberikan kepada Musa dan bangsa Israel pada masa Perjanjian Lama. Perintah ini masih dapat kita terapkan pada hari ini. Tuhan Yesusmengatakan bahwa cara kita berpikir dalam hati tentang orang lain mempengaruhi kita. Tak seorangpun yang dapat langsung menyerah pada pikiran-pikiran yang kotor tanpa ada perubahan secara emosi. Tuhan Yesus mengatakan bahwa hati yang penuh dengan hawa nafsu bersifat menghancurkan diri sendiri Dia mencela sikap hati yang penuh dengan hawa nafsu karena adanya hubungan langsung antara perasaan dan tindakan. Niat hari ini mungkin menjadi tindakan pada hari esok.

Penulis dalam Perjanjian Baru, Yakobus, menjelaskan pada kita bahwa kemurnian tindakan tergantung pada kemurnian pikiran. Yesus selalu mempedulikan motivasi dari seorang manusia. Pikiran- pikiran yang dipenuhi hawa nafsu mengurangi penghargaan akan sifat keilahian dan nilai dari manusia yang diciptakan menurut citra Allah. Karena perzinahan membawa kesengsaraan dan penderitaan pada banyak orang di mana-mana, Tuhan Yesus mendorong kita untuk mempunyai hati dan tindakan yang murni. Tuhan Yesus mengatakan, "Berbahagialah mereka yang suci hatinya karena mereka akan melihat Allah." Matius 5:8.

JIKA ANDA BERDOSA, INGATLAH...

Jika anda jatuh dalam dosa, ingatlah bahwa ada harapan bagi anda, yaitu Tuhan Yesus, orang yang paling mengasihi anda, mengatakan kepada orang yang telah jatuh: "Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." Yohanes 8:11. Paulus mengatakan, "Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging." Galatia 5:16. Allah mengasihi kita dan akan menolong kita agar dapat hidup kudus bagi-Nya hari lepas hari.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati