Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Persekutuan Dalam Hidup (1 Yohanes) - Biblika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


PERSEKUTUAN DALAM HIDUP (1YOHANES)

Rumput-Rumput Liar Dan Kebiasaan-Kebiasaan
Penyelidikan Pertama: Surat Kiriman Pertama Dari Yohanes
Penyelidikan Kedua: 1Yohanes 1
Penyelidikan Ketiga: 1Yohanes 2
Penyelidikan Keempat: 1Yohanes 3
Penyelidikan Kelima: 1Yohanes 4
Penyelidikan Keenam: 1Yohanes 5


RUMPUT-RUMPUT LIAR DAN KEBIASAAN-KEBIASAAN

Rumput-rumput liar - dan kebiasaan-kebiasaan buruk - tumbuh dengan subur tanpa perhatian sama sekali. Kebiasaan baik - harus senantiasa dipupuk atau akan menjadi hilang.

Cara untuk memupuk suatu kebiasaan yang baik adalah memulai, kemudian menjalankan tanpa terkecualian. Adalah baik untuk mengatakan, "Kecenderungan adalah melalaikan dari daftar sifat-sifat yang diinginkan, misalnya karunia yang biasa seperti ketabahan hati - tetapi apakah gunanya semua yang lain bila kita gagal sebelum tujuan tercapai?"

Ketabahan hati tidaklah lazim dalam kebanyakan dari kita. Kita cenderung untuk malas dan mudah terjerat. Tetapi Kristus dapat memberikan kemampuan untuk bergerak maju dan meneruskan - kita dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus yang menguatkan kita. ( Fil 4:13).

Dengan menjelaskan buku-buku sebelumnya dari Pelajaran di dalam kehidupan Kristen, sekarang anda seharusnya telah membangun kebiasaan penyelidikan Alkitab pribadi yang teratur. Teruskan memupuk kebiasaan ini sementara anda menjalani buku ke 8 - menyelesaikan satu pelajaran tiap minggu. Putuskan untuk menjadi seorang "Penyelesai", sewaktu anda maju untuk mempelajari Alkitab sendiri.

Sedemikian jauh anda telah menyelesaikan bagaimana untuk memperoleh pandangan yang menyeluruh dari sebuah buku, dan kemudian mempelajari fasal- fasalnya. Dalam I Tesalonika anda telah menjelaskan dengan kata-kata sendiri tiap fasal, mulai mencari referensi ayat-ayat, dan mencari penerapan-penerapan pribadi.

Dalam buku ke 8 anda menyimpulkan sebuah fasal dan menambah pengertian anda melalui merenungkan ayat-ayat. Anda juga akan belajar lebih banyak lagi tentang referensi silang, dan bagaimana menemukan dan menuliskan penerapan- penerapan pribadi dari firman Tuhan ke dalam hidup anda.

Bagian penerapan dari penyelidikan anda ini adalah sangat penting, sebab:

"...barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum
yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi
bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-
sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya."

Yak 1:25

Sementara anda memulai penyelidikan anda Persekutuan dalam hidup, mintalah kepada Tuhan untuk menjelmakan kebenaran-kebenaran dari I Yohanes ke dalam pikiran dan tindakan anda sehari-hari.

"Allah berfirman kepada kita melalui FirmanNya. Tiada
terbilang banyaknya buku-buku lain yang berguna dan
memberikan inspirasi ditulis oleh orang-orang yang saleh.
Taruhkan buku-buku ini pada tempat kedua dalam lemari buku anda.
Taruhlah Kitab Allah pada sebuah tempat sendiri. Seandainya
anda memiliki banyak waktu untuk kedua-duanya, baiklah;
tetapi berikanlah bukuNya pada tempat pertama."

J.S. James

Buku ke 8 meneruskan membangun prinsip-prinsip belajar yang diperkenalkan dalam buku ke 7, Pengharapan dalam hidup. Jika anda belum menyelesaikan Pengharapan dalam hidup, adalah berfaedah bila anda menyelesaikannya dahulu, kemudian teruskan dengan buku ke 8,9 dan 10, untuk meletakkan dasar yang baik bagi penyelidikan yang akan datang.


PENYELIDIKAN PERTAMA

SURAT KIRIMAN PERTAMA DARI YOHANES

Suatu pertolongan besar dalam mengerti pengajaran dari suatu surat kiriman adalah mengetahui beberapa hal dari permulaannya. Adalah baik untuk menjadikan hal ini langkah pertama dalam pendekatan anda kepada kitab manapun dari Alkitab. Sumber-sumber keterangan yang dapat anda gunakan untuk latar belakang penyelidikan kitab-kitab Perjanjian Baru adalah:

  1. Keempat Injil dan teristimewa kitab Kisah Rasul-Rasul.
    Lihatlah dalam buku-buku sejarah ini untuk referensi-referensi
    terhadap penulis dari sebuah kitab dan siapa yang menerimanya.
    Gunakanlah sebuah konkordansi untuk melihat di mana penulis
    kelihatan, maupun referensi-referensi lainnya terhadap kota
    atau orang-orang yang menerima surat.
  2. Alkitab terjemahan lama-L.A.I.
  3. Firman Allah untuk zaman baru-L.A.I.

PENULIS SURAT KIRIMAN

  1. Apakah kedudukan Yohanes, penulis surat ini, sebelum Yesus
    memanggilnya untuk mengikut Dia? (
    Mar 1:19)
  2. Ketika Yesus memanggil Yohanes dan saudaranya, bagaimanakah jawaban
    mereka? ( Mar 1:20)
  3. Dalam cara apakah Yohanes melukiskan hubungannya dangan Kristus?
    (Yoh 19:26; Yoh 20:2; Yoh 21:7,20)
  4. Apakah kedua maksud ganda dari Injil Yohanes?(Yoh 20:31)
  5. Apakah maksud utama dari Yohanes dalam suratnya yang pertama ini?
    (1Yo 5:13)
  6. Apakah alasan lain bagi surat ini? (1Yo 1:3)

BILAMANA DAN DI MANA?

Bukti-bukti menunjukkan bahwa Yohanes menulis surat ini sekitar tahun 90 A.D., ketika ia sudah menjadi seorang tua. Di mana ia berada tidaklah pasti, tetapi surat ini adalah sebuah surat umum yang mungkin dialamatkan kepada sidang-sidang jemaat di dalam dan di sekitar kota Efesus, di mana Yohanes dipercaya telah menghabiskan banyak tahun dari pelayanannya (Efesus adalah sebuah kota di bagian Timur Asia Kecil ---lihatlah peta dalam buku ke 7).

MENGAPA?

Yohanes menuliskan untuk menyerang ajaran-ajaran palsu tentang Kristus dan juga menyerang suatu jenis filsafat keKristenan yang tidak mempengaruhi hati dan kehidupan orang-orang. Dia menandaskan bahwa kita dapat mengetahui kita diselamatkan. (1Yo 5:13), dan bahwa kehidupan Kristen adalah satu- satunya persekutuan yang harmonis dengan Allah dan dengan orang-orang lainnya. Yohanes juga mengemukakan bukti-bukti lain yang akan ada bila Kristus tinggal di dalam hati.

PEMERIKSAAN

Bacalah seluruh surat ini beberapa kali, sekurang-kurangnya satu kali pada satu waktu pembacaan. Kata "kasih" menuntun kepada beberapa ajaran utama dalam buku ini. Kata "mengetahui" adalah kunci terhadap kebenaran-kebenaran lainnya. Perhatikan betapa seringnya kata-kata ini dijumpai dan apa yang mereka ajarkan. Anda boleh menandai kata-kata ini dalam Alkitab anda.

Jumlah pembacaan.                                     ______________

Banyaknya kata "kasih", "mengasihi", "kekasihku",
"berkasih-kasihan", "kasihnya", yang anda temukan.    ______________

Banyaknya kata "mengetahui", "tahu", "ketahui",
"mengetahuinya", "mengenal", yang anda temukan.       ______________

Dalam tiap fasal apakah ayat yang terbaik dengan kata "kasih", dan apakah yang menjadi pikiran utamanya?

Ayat            P i k i r a n  U t a m a

2:___           ____________
3:___           ____________
4:___           ____________
5:___           ____________
Dalam fasal 2 sampai 5, apakah ayat terbaik yang mengandung kata "mengetahui",
"tahu", "ketahui", "mengenal",? Dan apakah yang kita dapat ketahui?
Ayat            Apakah yang kita ketahui?

2:_____         ___________
3:_____         ___________
4:_____         ___________
5:_____         ___________
KEUNTUNGAN

Apakah yang menantang anda dari penyelidikan ini?


PENYELIDIKAN KEDUA

1 YOHANES 1

PENYELIDIKAN PENDAHULUAN

Mulailah penyelidikan anda dari fasal 1 dengan membacanya secara keseluruhan beberapa kali. Sambil anda membaca, berusahalah mengerti maksud dari fasal itu. Kebenaran apakah yang Yohanes nyatakan untuk dibuktikan dalam --- pendahuluan 1Yo 1:1-4?

Apakah pokok utama dari bagian fasal yang sisa itu?

Sekalipun definisi dari kata-kata tidak dicantumkan bagi anda sebagaimana dalam Buku ke 7, carilah kata-kata apapun yang tidak dikenal. Jikalau sebuah kamus biasa tidak memberikan definisi yang memuaskan, pakailah sebuah kamus Alkitab atau sebuah konkordansi, tempatkanlah kata yang anda ingin mengerti lebih baik; lihatlah bagaimana itu digunakan pada tempat lainnya dalam 1Yohanes, 2Yohanes, 3Yohanes, dan Injil Yohanes. Kemudian lihat bagaimana kata itu digunakan pada bagian yang sisa dari Perjanjian Baru, dan barangkali pada Perjanjian Lama. Dengan melihat penggunaan sebuah kata dalam ayat-ayat lainnya, seringkali menjelaskan artinya.

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN?

Dalam 1Yohanes anda akan menyimpulkan tiap fasal, lebih daripada menjelaskan dengan kata-kata sendiri seperti yang anda lakukan dalam 1Tesalonika. Ingatlah ketika anda menjelaskan dengan kata-kata sendiri, anda menyatakan kembali tiap pemikiran dalam kata-kata anda sendiri. Tidak ada pembatasan dalam panjangnya penjelasan dengan kata-kata sendiri. Sebaliknya menyimpulkan berarti memadatkan atau mengolah sebagian dari Alkitab menjadi suatu pernyataan yang lebih singkat tetapi lengkap dari apa yang bagian itu katakan. Tujuannya adalah mencakup setiap hal yang penting tetapi masih mempertahankan kesimpulan yang benar-benar singkat. Untuk memulainya, usahakanlah 6-12 kata tiap ayat.

Baca dan renungkan 1Yo 1 sampai anda kenal sekali dengan fasal itu. Kemudian cobalah menyimpulkan ayat 1-4 sendiri dan bandingkanlah kesimpulan anda dengan contoh yang diberikan di bawah. Buatlah kesimpulan kasar dari ayat 5-10 pada kertas buram, dan periksalah mengenai panjang dan kesempurnaannya. (Dengan rata-rata 6-12 kata tiap ayat, kesimpulan anda akan menjadi 36-72 kata keenam ayat ini). Kemudian salinlah kesimpulan anda dalam ruang yang tersedia di bawah. Sebuah paragrap adalah sebuah ayat atau kelompok ayat-ayat yang berhubungan dengan suatu bagian utama atau mengenai pikiran umum yang sama. Lihat apakah anda menyetujui pembagian paragrap-paragrap yang berikut. Dalam fasal-fasal yang berikutnya anda akan mulai membuat pembagian paragrap-paragrap sendiri.

Paragrap 1 -- 1:1-4. Firman Hayat yang kekal telah dinyatakan dan kami telah nampak dan menjamahNya. Kami membagikan kesaksian kami sehingga kamu boleh memiliki sukacita dari persekutuan dengan kami, dengan Allah Bapa dan dengan Yesus Kristus. (32 kata - rata-rata 8 kata tiap ayat)

Paragrap 2 -- 1:5-10 (Simpulkan dalam kata-kata anda sendiri)

APAKAH YANG AYAT-AYAT LAIN KATAKAN?

Carilah referensi silang yang ditunjuk dan isilah pikiran utama dari referensi silang yang terpakai untuk ayat dalam 1Yohanes fasal 1. Carilah satu atau dua referensi silang lagi -- dari pengetahuan umum anda tentang Alkitab, dari ayat- ayat yang anda telah hafalkan, atau dari referensi silang yang tercantum dalam Alkitab anda.

Ayat        Referensi Silang      Pikiran Utama


2           Yoh 1:14         Firman telah menjadi manusia -- Anak Allah yang Tunggal
3           Kis 8:35         ___________________________________________
7           Wah 1:5          Darah Kristus membebaskan kita dari dosa
9           Ams 28:13        ___________________________________________
__          _________        ___________________________________________

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN YANG SAYA TIDAK MENGERTI?

Disini ada dua persoalan yang mungkin. Pikirkan itu dan lihat jika anda menemukan jawaban-jawaban dari pengetahuan anda tentang 1Yohanes atau bagian sisa Perjanjian Baru.

1. Dari ayat 1 -- Kapankah seseorang melihat dan menjamah Firman Hayat itu?
2. Dari ayat 5 -- Bagaimanakah kita sebagai orang-orang berdosa dapat memiliki persekutuan dengan satu Allah yang sempurna kesuciannya?

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN KEPADA SAYA?

Bacalah seluruh fasal sambil berdoa dan catatlah satu atau lebih ayat-ayat yang mengandung suatu kemungkinan penerapan untuk hidup anda. Nyatakan dengan singkat penerapan apa yang terkandung dalam ayat tersebut.

Ayat                    Pernyataan dari penerapan

_____                  ________________________
_____                  ________________________

Doakanlah dan pilihlah ayat yang mengesankan anda sebagai satu-satunya hal yang terpakai sekarang ke dalam hidup atau pelayanan anda bagi Kristus. Tulislah dalam dua atau tiga kalimat bagaimana anda berencana untuk menerapkanya.


PENYELIDIKAN KETIGA

1 YOHANES 2

PENYELIDIKAN PENDAHULUAN

Selagi anda memulai, ulangi kembali kesimpulan anda dari 1Yo 1. Perhatikan bagaimana pokok pada akhir fasal satu bersambungan dengan ayat satu dan dua dalam fasal ini. (Ketika Yohanes menulis suratnya, tidaklah terbagi ke dalam fasal-fasal tetapi bersambungan terus, seperti surat-surat sekarang). Bacalah fasal ini 3 sampai 5 kali, mungkin beberapa dalam terjemahan lain, mohonlah kepada Tuhan untuk pengertian. Selagi anda membaca, anda akan mulai mengetahui tema-tema yang berbeda namun berhubungan dalam fasal.

APA YANG FASAL INI KATAKAN

Lagi, bagian-bagian dari fasal ini disimpulkan bagi anda. Bandingkanlah bagian-bagian ini dengan ayat-ayat dalam Alkitab anda. Kerjakanlah kesimpulan- kesimpulan anda untuk paragrap-paragrap lainnya, dengan pembatasannya rata-rata 6 sampai 12 kata tiap ayat (30 sampai 60 kata untuk paragrap 3; 54 sampai 108 kata untuk paragrap 5 dan 6 bersama-sama dan seterusnya).

Paragrap 1 - 1Yo 2:1,2. Aku menuliskan untuk mencegah kamu dari berbuat dosa, tetapi seandainya kamu melakukan, Yesus adalah Pembela dan Pembayar untuk dosa-dosa kita (dan untuk setiap orang).

Paragrap 2 - 1Yo 2:3-6. Mentaati perintah-perintahNya membuktikan bahwa kita mengenal Dia. Mengaku mengenal Dia sedangkan tidak taat adalah penipu, tetapi ketaatan menyempurnakan kasih Allah dalam kita dan memberikan keyakinan. Salah satu tuntutan untuk tinggal dalam Kristus haruslah hidup sebagaimana Ia hidup. (Paragrap 1 dan 2 adalah 60 kata - rata-rata 10 kata tiap ayat).

Paragrap 3 - 1Yo 2:7-11.____________
________________________________

Paragrap 4 - 1Yo 2:12-14. Aku menyuratkan kepada anak-anak yang telah diampuni yang mengenal Allah sebagai Bapa mereka, untuk para ayah yang mengenal Allah sebab kekekalanNya, untuk orang-orang muda yang kuat dalam Firman Tuhan dan berkemenangan atas setan (33 Kata).

Paragrap 5 - 1Yo 2:15-17____________
________________________________

Paragrap 6 - 1Yo 2:18-23____________
________________________________

Paragrap 7 - 1Yo 2:24,25. Peliharakanlah pengajaranNya dalam kamu, maka kamu akan tinggal dalam Kristus dan Bapa serta memiliki hidup kekal yang dijanjikanNya(18 kata).

Paragrap 8 - 1Yo 2:26-29.___________
________________________________

"Keduniawian bukanlah suatu persoalan kebendaan, tetapi
sikap hati - sesuai dengan jaman (waktu) tetapi di luar
kekekalan -- sesuai dengan orang-orang tetapi tidak sesuai
dengan Allah!"

Robert D.Foster

APAKAH YANG AYAT-AYAT LAIN KATAKAN?

Ayat-ayat apakah dalam fasal atau kitab lainnya yang memberikan penerangan mengenai beberapa hal dalam fasal ini? Carilah satu atau dua lagi referensi silang dan catatlah itu dengan pikiran-pikiran utamanya.

Ayat        Referensi silang       Pikiran Utama

3          Yoh 14:21              _____________
15         Rom 12:2               Jangan biarkan dunia membentukmu
15         2Ti 4:10               Demas mengasihi dunia, meninggalkan pekerjaan Tuhan
25         _______________        ___________________________
__         _______________        ___________________________

PERTANYAAN-PERTANYAAN

Jawablah pertanyaan pertama. Kemudian jikalau anda memiliki satu pertanyaan sendiri mengenai beberapa ayat dalam fasal ini, catatlah di bawah ini.

1. Apakah menurut anda arti dari ayat 28 mengenai "....... tinggallah kamu dalam Dia?"
2. ______________

Dengan mendaftarkan pertanyaan-pertanyaan dan persoalan-persoalan memungkinkan anda untuk menunjuk dengan tepat apa yang anda tidak mengerti dan menolong dalam mencarikan jawaban-jawabannya.

APAKAH YANG DIKATAKAN KEPADAKU?

Ulangi kembali fasal ini dengan berdoa dan catatlah sebuah ayat atau ayat-ayat yang anda boleh terapkan ke dalam hidup anda. Nyatakan dengan singkat apa yang tiap ayat itu ajarkan.

Ayat            Pernyataan Penerapan

____           ____________________
____           ____________________

Doakan lagi penerapan-penerapan yang mungkin, mohonlah Tuhan menunjukkan kepada anda mana yang akan diterapkan secara khusus. Bandingkanlah ayat tersebut dengan keadaan hidup anda dalam bidang ini. Untuk contoh, jika penerapannya harus terlibat dengan dunia lihatlah jikalau anda dapat mempersembahkannya kepada hal khusus dalam hidup anda yang Tuhan kehendaki anda harus merubahnya. Nyatakanlah hal ini dengan melengkapi kalimat ini: Kebutuhan saya yang khusus sebagaimana telah terlihat dari penerapan ayat yang saya telah pilih adalah_______________

Lengkapilah penerapan pribadi ini dengan menuliskan sebuah paragrap singkat bagaimana anda merasa Tuhan ingin anda harus melaksanakan penerapan ini ke dalam kenyataan.


PENYELIDIKAN KEEMPAT

1 YOHANES 3

PENYELIDIKAN PENDAHULUAN

Ulangilah kembali kesimpulan anda dari fasal 1 dan 2. Kemudian bacalah fasal 3 seluruhnya beberapa kali, sekali atau dua kali dalam terjemahan lain -- carilah definisi-definisi dari kata-kata utama dalam kamus anda. Dapatkah anda mencari tema-tema lanjutan dari fasal-fasal yang terdahulu?

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN?

Selagi anda membaca, tentukan pembagian dua atau tiga paragrap terakhir -- dimana pokok pembicaraan secara wajar terbagi. Kemudian simpulkan fasal itu, rata-rata 6 sampai 12 kata tiap ayat. Mungkin anda akan menemukannya adalah lebih baik dengan menggunakan kertas buram lebih dahulu. Ketika anda sampai pada paragrap 2. Pertama-tama usahakanlah menyimpulkannya sendiri, kemudian bandingkan dengan contoh yang ditunjukkan. Paragrap 1 - 3:1-3______

Paragrap 2 - 3:4-9. "Dosa adalah pelanggaran hukum. Yesus Orang yang tidak berdosa telah datang untuk menghapuskan dosa, dengan demikian seseorang yang mengenal dan tinggal di dalam Dia tidak berbuat dosa. Barangsiapa yang berbuat benar - ialah benar; siapa yang tidak melakukannya ialah dari Setan, Kristus telah datang untuk menghancurkan pekerjaannya. Anak-anak rohani Allah memiliki tabiatNya dan tidak dapat berdosa. (54 kata).

* Kata-kata 'dosa-dosa' atau 'dosa' dalam Yohanes 3:6,9 dalam bahasa aslinya
berarti 'terus menerus berdosa'.

Paragrap 3 - 3:____________

Paragrap 4 - 3:____________

APAKAH YANG AYAT-AYAT LAIN KATAKAN?

Carilah dua atau tiga lagi referensi silang untuk ayat-ayat penting dalam fasal ini, mula-mula carilah dari penghafalan anda -- kemudian dari Alkitab atau konkordansi.

Ayat        Referensi silang        		Pikiran Utama

3          Tit 2:12,13                          Hiduplah dengan benar, mengharapkan kedatangan kembali Kristus.
13         Yoh 15:18,19                         _______________________________________
22         ___________________                  _______________________________________

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN YANG SAYA TIDAK MENGERTI

1. Bandingkan ayat-ayat 6 dan 9 dengan 1:8 dan 1:10 dari surat ini. Tuliskan sebuah pernyataan yang melukiskan persoalan ini bawa ke dalam pikiran.
2. Bagaimanakah 1Yo 2:1,2 memberikan bantuan pada persoalan ini?
3. Seandainya anda melihat sebuah persoalan yang dinyatakan oleh ayat lain dalam fasal ini, tulislah di bawah ini.

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN KEPADAKU?

Bacalah fasal ini lagi dengan doa, dengan mencatat penerapan ayat atau ayat-ayat yang mungkin di bawah. Sesudah tiap ayat nyatakanlah dengan singkat ajaran untuk diterapkan.

Ayat            Pernyataan penerapan

__              _____________________
__              _____________________

Doakan hal-hal ini dan pilihlah penerapan utama yang paling perlu dalam kehidupan anda sekarang. Lingkari ayat ini dan ulangi kembali saran-saran untuk menuliskan suatu penerapan yang khas (halaman 16 dan 17).

Tulislah sebuah paragrap yang menunjukkan:

Pertama, Kebutuhan anda yang ayat itu kemukakan (jujurlah, dan khas).

Kedua, Bagaimana anda merasa Tuhan ingin anda melakukan penerapan dari ayat yang
telah anda pilih.

Gunakanlah kata ganti, 'saya', 'ku', untuk menolong anda menerapkan ayat bagi keperluan anda sendiri.


PENYELIDIKAN KELIMA

1 YOHANES 4

PENYELIDIKAN PENDAHULUAN

Ulangi kembali dari Alkitab atau baca kesimpulan-kesimpulan anda dari fasal 1 sampai dengan 3. Tanpa melihat kembali pada kesimpulan-kesimpulan atau Alkitab, ingatlah isi dari setiap fasal dalam pikiran anda -- atau pada kertas buram.

Bacalah fasal 4 dua atau tiga kali. Pembacaan ini dapat cepat, untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dari fasal itu. Berikutnya, bacalah perlahan-lahan fasal itu ayat demi ayat, berusahalah mengerti ayat demi ayat, berusahalah mengerti tiap ayat sementara melewatinya. Dengan merenungkan ayat demi ayat dapat menjadi salah satu bagian terkaya dari penyelidikan Alkitab anda. Untuk memperoleh hal yang terbaik dari renungan anda, bertanyalah kepada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini.

  1. Apakah yang sebenarnya ayat itu katakan? Pikirkan dengan seksama, dengan berdoa mengenai kata-kata dan bagian-bagian kalimat dan hubungannya dengan ayat-ayat di sekelilingnya.
  2. Adakah sesuatu hal yang saya tidak mengerti? (Catatlah cepat-cepat pertanyaan-pertanyaan itu pada kertas buram atau pada ruang di bawah 'Persoalan' pada halaman 25). Lihat kata-kata yang anda tidak mengetahuinya. Berusahalah memikirkan kembali bagian-bagian yang sulit dari bagian Alkitab dalam kata-kata anda sendiri.
  3. Adakah sesuatu di sini yang harus diterapkan ke dalam kehidupanku sekarang?(Buatlah sebuah catatan dari penerapan-penerapan yang mungkin dalam ruang pada halaman 26).

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN?

Singkatkanlah fasal itu dalam paragrap-paragrap. Mula-mula putuskanlah pembagian paragrap, kemudian mulai mengolah paragrap pertama. Batasilah diri anda sendiri saat ini untuk rata-rata 5 sampai 10 kata tiap ayat (105 - 210 kata untuk kesimpulan anda dari 21 ayat dalam fasal ini). Semakin padat kesimpulan anda, semakin jelas pengertian anda dari fasal tersebut.

Paragrap 1 - 4:1-6. ____________

PERSOALAN-PERSOALAN

Tulislah pertanyaan-pertanyaan yang timbul ke dalam pikiran ketika anda merenungkan ayat demi ayat.

Ayat                    Pertanyaan

_____                   ___________
_____                   ___________

Sesudah anda menyelesaikan penyelidikan anda, anda akan mendapatkan bahwa adalah berfaedah untuk mencari serta mencatat jawaban-jawaban terhadap persoalan- persoalan yang telah anda daftarkan di sini. Doa dengan merenungkan Firman Tuhan itu sendiri adalah satu-satunya cara yang baik untuk memperoleh jawaban-jawaban. Suatu cara selanjutnya adalah menggunakan konkordansi, untuk melihat seandainya ayat atau bagian Alkitab lainnya memberikan penerangan. Cobalah metode-metode ini dengan persoalan-persoalan anda dalam fasal ini.

REFERENSI-REFERENSI SILANG

Lagi carilah dan catatlah referensi-referensi silang -- dari ingatan seandainya mungkin -- untuk ayat-ayat yang terkenal dalam fasal ini, seperti ayat 4,10,20.

Ayat        Referensi silang     		Pikiran Utama

7           Yoh 13:34,35                  Mengasihi orang lain membuktikan bahwa kita milik Kristus.
____        _________________________     ___________________________________________________
____        _________________________     ___________________________________________________

APA YANG FASAL ITU KATAKAN KEPADAKU?

Ayat            Pernyataan dari penerapan

___             _________________________
___             _________________________

Berdoalah untuk ayat-ayat yang mungkin diterapkan ini dan pilihlah salah satu yang paling terpakai untuk keperluan anda sekarang, dalam hidup atau pelayanan. Mula-mula lukiskan keperluan ini; kemudian perhatikanlah dengan berdoa bagaimana Tuhan ingin anda menyesuaikan kehidupan anda dengan kebenaran dalam ayat ini. Dalam sebuah paragrap yang singkat di bawah ini, nyatakanlah tindakan yang anda percaya Ia ingin anda ambil. Ingat untuk menggunakan 'saya','ku'.


PENYELIDIKAN KEENAM

1 YOHANES 5

PENYELIDIKAN PENDAHULUAN

Ulangi kembali kesimpulan-kesimpulan anda dari empat fasal permulaan sebelum anda membaca fasal 5. Selagi anda memulai 1Yo 5, berusahalah untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dalam beberapa pembacaan yang cepat. Kemudian ketika anda membacanya perlahan-lahan, renungkan dan doakanlah fasal itu ayat demi ayat. Gunakan pertanyaan-pertanyaan yang disarankan pada halaman 22. Sambil anda merenungkan, catatlah pada halaman 30 dan 31 persoalan-persoalan dan penerapan-penerapan ayat-ayat yang mungkin.

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN?

Simpulkan fasal itu dengan paragrap-paragrap rata-rata 5-10 kata tiap ayat (105-210 untuk 1Yo 5). Tinggalkan satu baris kosong sebelum tiap paragrap.
___________________

5:1-_________________________________

Bacalah lagi setiap kesimpulan-kesimpulan paragrap anda dalam fasal ini dan berikanlah sebuah judul yang singkat untuk masing-masing paragrap. Untuk contoh, sebuah judul bagi paragrap 1 dapat menjadi "Ketaatan membuktikan kasih, dan iman memberikan kemenangan", atau "Allah memerlukan ketaatan dan iman." Tulislah judul-judul anda pada permulaan dari tiap paragap.

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN YANG SAYA TIDAK MENGERTI?

Catatlah pertanyaan-pertanyaan atau persoalan-persoalan yang timbul ketika anda memeriksa fasal 5. Ketika penyelidikan anda lengkap, anda boleh kembali memeriksa jawaban-jawabannya. Gunakanlah metode-metode yang diusulkan pada halaman 26.

Ayat                    Pertanyaan
___                     _____________
___                     _____________

APAKAH YANG AYAT-AYAT LAIN KATAKAN?

Carilah lagi tiga referensi silang untuk ayat-ayat penting dalam fasal 5. Carilah sebuah kebenaran yang sejajar, sebuah contoh, atau mungkin sebuah pertentangan terhadap kebenaran yang dinyatakan. Kadang-kadang anda dapat mencari lebih dari satu referensi silang untuk ayat-ayat tertentu.

Ayat        Referensi silang            Pikiran Utama

3           2Yoh 6                      ______________
13          Yoh 5:24                    ______________
___         ___________________         ______________

APAKAH YANG FASAL ITU KATAKAN KEPADAKU?

Ayat                Pernyataan penerapan

_____               ____________________
_____               ____________________

Berdoalah untuk penerapan ayat-ayat yang mungkin di atas dan pilihlah salah satu yang paling terpakai untuk anda sekarang. Ringkaskanlah kebutuhan anda, kemudian renungkan dan doakan bagaimana anda berencana untuk menempatkan tantangan baru ini ke dalam kenyataan. Tulislah sebuah paragrap yang singkat (gunakanlah kata 'saya', 'ku').

SARAN-SARAN

Sebagai suatu proyek istimewa, anda dapat membaca kembali penerapan-penerapan dari fasal-fasal yang terdahulu dan periksalah diri sendiri mengenai kemajuan yang anda telah buat dalam menerapkanya ke dalam hidup. Berdoa dan berencanalah untuk lebih menempatkannya ke dalam praktek.

		 ______________________________________________________
		| "Untuk seorang Kristen, persekutuan dengan Kristus   |
		| seperti udara untuk seorang penyelam. Tiada perduli  |
		| kesungguh-sungguhannya atau pengalamannya----tanpa   |
		| hakekat ini, ia tidak berguna."                      |
		|______________________________________________________|
SUKACITA DAN KEMENANGAN DALAM KRISTUS
---- tema-tema dari surat Rasul Paulus yang hangat
kepada sidang jemaat Filipi

Buku ke 9 - KEMENANGAN DALAM HIDUP
  • Bagaimana mengatasi keadaan dan kecemasan
  • Pengorbanan diri Yesus Kristus dan kemudian dipermuliakan
  • Mengenal Kristus --- membuat Dia dikenal

BUKU KE 1 -- HIDUP BARU DALAM KRISTUS

BUKU KE 2 -- PERSEKUTUAN DALAM KRISTUS

BUKU KE 3 -- BERJALAN DENGAN KRISTUS

BUKU KE 4 -- WATAK ORANG KRISTEN

BUKU KE 5 -- DASAR-DASAR UNTUK IMAN

BUKU KE 6 -- BERTUMBUH DALAM PELAYANAN

BUKU KE 7 -- PENGHARAPAN DALAM HIDUP

BUKU KE 8 -- PERSEKUTUAN DALAM HIDUP

BUKU KE 9 -- KEMENANGAN DALAM HIDUP ------------------

BUKU KE 10-- MENYELIDIKI FIRMAN TUHAN SENDIRI

Nikmatilah buku yang agung dari Paulus ini selagi anda belajar bagaimana menemukan jawaban-jawaban untuk persoalan anda, bagaimana merangkumkan sebuah buku bersama-sama sesudah mempelajarinya.

PELAYANAN SHAMGAR, SURABAYA.

MEMBAGIKAN IMANMU
LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBAGIKAN IMANMU

Doa                                             Rom 10:1
Bergantung pada Rohu'lkudus                     1Ko 2:4-5
Sesuaikan dengan orang lain                     1Ko 9:2-23
Timbulkan perhatian dengan hidup                1Pe 3:1
Rangsangkan perhatian dengan kesaksian          Yoh 9:25
Harapkan suatu sambutan                         2Ko 5:20

MENYAMPAIKAN INJIL

Semua berdosa                                   Pen 7:20
Hukuman bagi dosa                               Rom 5:12
Kristus membayar hukuman                        1Pe 2:24
Keselamatan bukan karena perbuatan              Rom 4:5
Harus terima Kristus                            Rom 10:13
Jaminan keselamatan                             Yoh 10:27-28

MENGETAHUI KEPERLUAN

Mencari persamaan (asal)                        Kej 1:27
Mencari tujuan                                  Yoh 10:10
Mencari damai dalam batin                       Yoh 14:27
Kesepian                                        Yoh 14:23
Ketakutan                                       Maz 34:5
Perasaan Bersalah                               Rom 8:1

MENJAWAB KEBERATAN-KEBERATAN

Masalah kejahatan                               Rom 1:28
Kristus satu-satunya jalan                      Yoh 14:6
Mereka yang belum pernah dengar                 Rom 1:19-20
Alkitab dan Kesalahan-kesalahan                 2Pe 1:16
Ketidak-cocokan pada orang Kristen              Rom 14:12
Masalah intelektual                             1Ko 1:12


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati