Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Rencana Allah yang Luar Biasa - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 8 - Rencana Allah Termasuk Di Dalamnya Mengakui Kristus

RENCANA ALLAH YANG LUAR BIASA

PELAJARAN 8 - RENCANA ALLAH TERMASUK DI DALAMNYA MENGAKUI KRISTUS

Ayat Hafalan:

"Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah." Lukas 12:8.

Menurut ayat hafalan di atas, mengakui Kristus adalah sangat penting. Kita sekarang akan belajar apa yang Firman Tuhan ajarkan tentang mengakui Kristus.

Ketika seseorang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat hidupnya, maka dia siap untuk menceritakan kepada orang lain tentang pengalamannya tersebut.

Bayangkan suatu hari Anda sedang berjalan di sebuah tempat yang sunyi dan menemukan sejumlah besar uang. Sebut saja misalnya Anda menemukan sepuluh juta rupiah. Sekarang, dapatkah Anda mengambil uang tersebut, menimbunnya dengan tanah dan tidak akan pernah menceritakan kepada orang lain tentang hal ini?

Tuhan Yesus jauh lebih berharga daripada uang. Mengetahui dalam hati bahwa kita telah menerima keselamatan dari dosa- dosa kita karena kematian dan kebangkitan Juruselamat kita adalah suatu pengalaman yang seharusnya membuat kita sangat rindu untuk membagikannya dengan setiap orang yang kita kenal dan temui.

ARTI MENGAKUI

Mengakui Kristus berarti menyatakan secara terbuka (berbicara dengan bebas karena kita ingin melakukannya) tentang perubahan kita dari persekutuan dengan Setan kepada Kristus. "Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah." Lukas 12:8.

MENGAKUI KRISTUS BERARTI SETIA DENGAN SEPENUHNYA

Dalam Roma 10:9 kita melihat bahwa mengakui Kristus berarti lebih dari sekedar mengatakan beberapa kata demi Kristus. Hal ini meliputi keyakinan bahwa dengan kebangkitan-Nya, Yesus disebut Tuhan. Keyakinan tentang Kristus sangat kuat sehingga seseorang akan menanamkan hidup dan jiwanya pada keyakinan tersebut. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Pada jaman Rasul Paulus, para penyembah berhala mengatakan, "Kaisar adalah Tuhan." Setiap orang yang menolak menyatakan hal ini berarti mati. Banyak orang Kristen yang kehilangan nyawa mereka karena mengatakan "Yesus adalah Tuhan." Karena itu, pengakuan meliputi kesetiaan sepenuhnya dari hidup seseorang kepada Kristus.

MENGAKUI KRISTUS DENGAN BERANI

Perjanjian Baru mengajarkan bahwa kita harus menyatakan dengan berani bahwa Tuhan Yesus adalah Juruselamat kita. Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan BapaKu yang di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di surga." Matius 10:32-33. Dalam ayat-ayat ini, kita akan menyatakan secara terbuka kepada semua orang tentang hubungan kita dengan Kristus. Ayat Firman Tuhan juga memperingatkan bahwa jika kita gagal mengakui Kristus secara terbuka kepada semua orang, Yesus akan menyangkal kita dihadapan Bapa-Nya di surga.

Pengakuan adalah ungkapan yang nampak dari pengalaman batin secara pribadi dengan Allah.

PENGAKUAN MENGIKUTI KEPERCAYAAN

"Dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus." 1Korintus 12:3b.

Supaya seseorang dapat mengakui Kristus sebagai Tuhan, orang tersebut harus menjadi orang yang percaya kepada Kristus sebagai Juruselamatnya yang ilahi dan berkuasa penuh. Agar dapat percaya, Roh Kudus harus meyakinkan orang tersebut bahwa Yesus adalah Allah dan dikenal dalam bentuk manusia. "Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia." 1Yohanes 4:2- 3.

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, pengakuan adalah ungkapan yang keluar dari pengalaman batin secara pribadi dengan Allah. Anda lihat, karena seseorang telah menemukan Yesus Kristus nyata dalam hatinya, dia ingin membagikan pengalaman batin ini dengan ungkapan yang dapat dilihat. Dia ingin menceritakan kepada orang lain tentang Juruselamatnya. Dia ingin menunjukkan kepada mereka di dalam Alkitab sehingga mereka juga bisa percaya.

AKUI DENGAN MULUT ANDA

Memang, ada banyak cara untuk mengakui Kristus. Kita bisa mengakui Kristus dengan hidup kita. Mengakui dengan mulut adalah cara yang sangat penting untuk membuat Kristus dikenal oleh orang lain.

Misalnya Anda suatu hari berjalan melewati kota dengan Alkitab Anda. Mungkin Anda dalam perjalanan pulang ke rumah setelah kebaktian hari Minggu. Karena orang melihat Anda membawa Alkitab, langsung mereka berpikir, "Orang itu pasti orang Kristen." Bayangkan jika seandainya mereka memanggil Anda dan menanyakan sebuah pertanyaan tentang Yesus. Kemudian misalnya Anda mengatakan, "Dengan tulus aku mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Juruselamat manusia. Aku bahagia mengakui dia sebagai Tuhanku. Aku harus mempersembahkan iman, penyembahan dan ketaatanku." Hal inilah yang disebut mengakui Dia dengan hidup dan mulut Anda.

Mulailah mengatakan tentang Yesus hari ini kepada sesama. Tempat yang terbaik untuk memulai adalah di rumah Anda. Kemudian, ceritakan kepada rekan sekerja Anda. Jangan membuat orang bosan mendengarkan Anda. Berdoalah supaya Allah akan memberikan kesempatan tepat yang akan membuat orang yang Anda ajak bicara menerima kesaksian Anda dan juga menerima Juruselamat Anda.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati