Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Rencana Allah yang Luar Biasa - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 6 - Rencana Allah Menyediakan Keselamatan

RENCANA ALLAH YANG LUAR BIASA

PELAJARAN 6 - RENCANA ALLAH MENYEDIAKAN KESELAMATAN

Ayat Hafalan:

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." Roma 5:8

Dalam pelajaran ini kita akan belajar tentang kerinduan Allah agar setiap orang dapat menerima keselamatan. Allah membuat rencana keselamatan dengan jelas dan bisa dipahami. Allah mengerti bahwa setiap orang di dunia perlu tahu jalan keselamatan- Nya.

Kita mengetahui bahwa seringkali rencana manusia tidak berjalan sesuai dengan rencana mereka. Allah tidak pernah melupakan satu pribadi pun dalam rencana-Nya.

Anda akan memperhatikan dalam ayat hafalan di atas bahwa sudah merupakan kerinduan Allah supaya semua manusia menerima keselamatan dari dosa-dosa mereka. Kita harus ingat bahwa seseorang tidak dapat menerima keselamatan ini begitu saja hanya karena Tuhan telah menyediakannya untuk setiap orang. Seseorang juga harus mempunyai suatu keinginan untuk menerima keselamatan dari dosa-dosa mereka.

KASIH ALLAH ADALAH UNTUK SEMUA ORANG

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Yohanes 3:16.

Dalam ayat ini kita memperhatikan kata "barangsiapa." Kata ini digunakan oleh Tuhan, yang menunjukkan bahwa semua orang di seluruh dunia mempunyai kesempatan untuk percaya kepada Yesus Kristus dan menerima keselamatan.

Kita juga memperhatikan dalam ayat yang di atas kata "dunia." Ayat ini dengan jelas mengatakan bahwa begitu besar kasih Allah akan dunia ini. Jadi sekali lagi kita melihat bahwa kasih Allah bukan hanya untuk beberapa orang saja, melainkan untuk seluruh dunia.

ALLAH MENGUNDANG SETIAP ORANG UNTUK DISELAMATKAN

"Marilah kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah kepadaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan." Matius 11:28-29.

Di sini kita melihat bahwa Allah tidak hanya mengasihi setiap orang tetapi Dia juga memberikan undangan kepada semua orang dari setiap bangsa untuk menerima keselamatan.

Ayat-ayat berikut ini akan mendukung fakta bahwa undangan Allah adalah untuk setiap orang. "Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita. Hosea 6:1. Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan: Marilah, sebab segala sesuatu sudah siap. Lukas 14:17. Lalu kata tuan itu kepada hambanya: Pergilah ke semua jalan dan lintasan dan paksalah orang-orang, yang ada di situ, masuk, karena rumahku harus penuh. Lukas 14:23. Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma! Wahyu 22:17.

ALLAH MEMBUAT RENCANA AGAR SEMUA ORANG DAPAT DISELAMATKAN

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28:19-20.

Di sini kita melihat bahwa Allah menyediakan keselamatan bagi semua orang dengan mengutus orang-orang Kristen ke seluruh bangsa di dunia untuk memuridkan mereka.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Kisah Para Rasul 1:8. Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." Kisah Para Rasul 2:38-39. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Roma 5:8. Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran. Roma 5:16. Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. Roma 5:18; Bacalah ayat- ayat berikut ini: Roma 4:23-25; Galatia 3:13-14; Galatia 4:4-5.

ALLAH MENGUTUS ROH KUDUSNYA

"Namun benar yang kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepadaKu; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum." Yohanes 16:7-11.

Sebelum Yesus Kristus kembali ke surga bersama-sama dengan Bapa-Nya, Dia berjanji untuk mengutus Penghibur yang lain. Penghibur ini adalah Allah yang menyatakan diri-Nya dalam bentuk Roh Kudus. Anda mungkin bertanya apakah kita mempunyai tiga Allah. Jawabannya adalah TIDAK. Firman Tuhan mengatakan "Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu Esa!" Ulangan 6:4. Lalu mengapa Alkitab berbicara tentang Allah sebagai Bapa, Putera dan Roh Kudus? Lihatlah beberapa bagian berikut ini untuk menunjukkan bahwa Allah kita menyatakan diri-Nya dalam tiga cara yang berbeda.

  1. Dalam Kejadian 1:1 kita mempelajari bahwa Allah menyatakan diri-Nya sebagai Pencipta alam semesta. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

  2. Dalam Yohanes 3:16 kita belajar bagaimana Allah mengutus Putera-Nya yang tunggal untuk mati di kayu salib sehingga semua orang yang terhilang boleh diselamatkan. Jadi Allah yang sama yang menciptakan alam semesta datang ke dunia di dalam pribadi Yesus Kristus. Karena itu, kita melihat bagaimana Allah menyatakan diri-Nya sendiri sebagai Putera. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

  3. Dalam Yohanes 14:16, Yesus berbicara tentang seorang Penghibur. Kata lain dari Penghibur adalah Roh Kudus. Jadi sekarang, kita melihat Allah menyatakan diri-Nya sebagai Roh Kudus. Bahkan pada hari ini, meskipun kita tidak bisa melihat Allah, kita bisa mempunyai pengalaman bersama Dia melalui persekutuan dengan Roh Kudus.

Roh Kudus menginsafkan manusia akan dosa mereka dan mengundang semua orang kepada Yesus untuk menerima pengampunan. Dengan cara ini kita tahu bahwa Allah, yang menyatakan diri-Nya melalui Roh Kudus, membuat seseorang mengerti bahwa dia sudah berbuat dosa. Penting bagi seseorang untuk mengetahui bahwa dia sudah berbuat dosa. Jika dia tidak mengetahui bahwa dia adalah seorang berdosa, dia tidak akan pernah menyadari kebutuhannya untuk bertobat. Ia tidak akan pernah tahu mengapa dia harus mempunyai iman di dalam Yesus Kristus untuk keselamatan.

Karena itu, kita melihat bahwa Allah menyediakan bagi semua orang, melalui karya Roh Kudus, untuk menginsafkan akan keadaan mereka yang berdosa. Allah menyediakan pertolongan ini agar manusia bisa melihat dan menyadari kebutuhan mereka akan Tuhan. Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" Kisah Para Rasul 2:37

ALLAH MENGAMPUNI SEMUA YANG DATANG KEPADANYA

"Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia." Yohanes 1:29.

Dosa kita akan diambil setelah kita sudah bertobat dan berbalik kepada Allah melalui iman dalam Yesus Kristus. Kemudian Allah mengampuni dosa-dosa kita. "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." 1Yohanes 1:9.

Setelah membaca keseluruhan bagian-bagian di atas dari Firman Tuhan, kita menyadari semua hal yang besar dan luar biasa yang sudah Allah kerjakan bagi setiap orang. Kita perlu bersyukur kepada Tuhan setiap hari. Dia merindukan keselamatan bagi setiap orang. Dia membuat jalan bagi kita untuk datang kepada keselamatan melalui Yesus Kristus. Satu-satunya jalan bagi seseorang untuk menerima keselamatan ini adalah melalui Yesus Kristus.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati