Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Pernikahan Kristen dan Kehidupan Keluarga - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 07 - Istri Dalam Pernikahan Kristen

PERNIKAHAN KRISTEN DAN KEHIDUPAN KELUARGA

Pelajaran 07 - ISTRI DALAM PERNIKAHAN KRISTEN

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Penolong Dan Teman
  2. Kerendahan Hati
  3. Perhatian Terhadap Kecantikan Dari Dalam
  4. Merawat Seisi Rumahnya
  5. Ayat-ayat

Doa

Bacaan Alkitab

Amsal 31:10-12.

PENDAHULUAN

Dalam pelajaran 5 kita melihat saling tanggung jawab antara suami dan istri. Dalam pelajaran enam kita melihat peran suami dalam pernikahan. Pelajaran ini akan menolong istri untuk menemukan perannya yang unik dalam suatu pernikahan.

1. PENOLONG DAN TEMAN

Kejadian 2:18-23 menunjukkan seorang istri sebagai penolong dan teman. Dalam suatu hubungan yang baik yang sudah Allah rencanakan dalam pernikahan, Dia sudah meletakkan pria dan wanita sebagai dua bagian yang sama. Sang istri akan menjadi teman dan penghibur bagi sang suami. Dia akan menjadi pelengkap bagi suaminya. Kerinduannya hendaknya membangun suaminya, mengungkapkan kepercayaan diri dalam kecakapan suaminya, mendorong suaminya, menunjukkan penghargaan, percaya pada kebijaksanaan dan kecakapan suaminya, menunjukkan penghormatan, menolong suami meraih segala kecakapan, mendengarkan dengan lembut, mengagumi suami, mempercayai suami, dan berdiri disamping sang suami apapun yang terjadi. Sang istri akan menolong suami merasa aman dengan mengasihinya.

...dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya,....Titus 2:4. Kasih yang dimiliki sang istri untuk suaminya, adalah "kasih persaudaraan." Apa yang anda cari dari teman anda?

Pilihlah dari daftar berikut ini yang anda inginkan dari seorang teman.

__________Seseorang yang anda senangi untuk berkumpul bersama- sama.

__________Seseorang yang mengerti dan mendukung anda.

__________Seseorang yang akan mendengarkan anda.

__________Seseorang yang percaya akan pekerjaan dan keputusan anda yang baik.

__________Seseorang yang melakukan yang baik terhadap anda.

__________Seseorang yang selalu berdiri disamping anda tak peduli apapun yang terjadi.

__________Seseorang yang benar-benar senang ketika anda melakukan sesuatu yang baik.

__________Seseorang yang kepadanya anda bisa berbagi kesengsaraan anda.

Sekarang, pikirkanlah bagaimana ekspresi dari persaudaraan yang sama ini bisa memperindah pernikahan anda dan membawa sukacita dan semangat dalam pernikahan anda.

2. KERENDAHAN HATI

Kerendahan hati suatu istilah Alkitab yang digunakan dalam semua hubungan. Saling merendahkan diri satu dengan yang lain adalah suatu sifat dalam kekristenan dan sebagai akibat dari kepenuhan Roh Kudus. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh...Efesus 5:18. Merendahkan diri adalah dengan sukarela mengangkat orang lain diatas diri anda sendiri untuk melayaninya. Suami istri hendaknya saling merendahkan diri, saling mengangkat, dan saling melayani. Paulus memulai suatu diskusi tentang tanggung jawab pernikahan setelah dia menyatakan prinsip-prinsip umum tentang merendahkan diri. "dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus" Efesus 5:21.

Di dalam hubungan pernikahan, kerendahan hati membuat dua pribadi bisa berfungsi sebagai satu tubuh, saling melengkapi dan bukannya saling bersaing. Efesus 5:21-23 menunjukkan bagaimana Yesus telah menjadi model bagi tanggung jawab seorang suami atau istri. Yesus telah merendahkan diri dan taat kepada Bapa dan melepaskan segala hak yang Dia punya. ....yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,....Filipi 2:6. Begitu juga, hendaknya sang istri taat dan merendahkan diri kepada suaminya. Hai isteri- isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Kolose 3:18.

Kerendahan hati yang sejati menurut Alkitab adalah merupakan kesukaan sang wanita yang kreatif yang berusaha menemukan bagaimana dia bisa menunjukkan kepada suaminya bahwa dia menghormati, mengagumi dan bergantung padanya. Ini berarti bahwa sang istri akan menjadi lebih tertarik kepada kebutuhan suaminya daripada kebutuhannya sendiri.

Ketaatan dan kerendahan hati sang istri pada suaminya bisa terlihat dengan baik ketika dia mendorong peran kepemimpinan sang suami dan tidak pernah berusaha untuk menghancurkan, memudarkan, dan melemahkan atau menguranginya.

3. PERHATIAN TERHADAP KECANTIKAN DARI DALAM

Dalam 1Petrus 3:1-4 Petrus mendorong istri untuk mengembangkan kecantikan dari dalam yang mencerminkan kewanitaan, kelembutan, perhatian dan kasih. Petrus tidak mengatakan pada para wanita bagaimana harus berpakaian. Dia hanya memberikan suatu prinsip: wanita yang cantik adalah seorang wanita yang mempunyai kecantikan hati yang berupa sikap yang murni dan hormat dan merupakan pancaran dari roh yang lembut dan tenang. Seorang istri dapat meraih lebih banyak dengan tindakannya sebagai seorang Kristen daripada dengan apa yang dikatakannya. Dia murni dan menghormati. Dia tidak pernah berusaha untuk berkata-kata atau melakukan sesuatu yang mempermalukan suaminya atau membuat suaminya merasa ragu-ragu. Sang istri memperhatikan kesejahteraan suaminya, membangun suaminya dan bukan menghancurkannya. Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. 1Tesalonika 5:11. Seorang istri yang baik layak untuk dipercaya, Amsal 31:11. Hati suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. Dia selalu setia kepada suaminya.

4. MERAWAT SEISI RUMAHNYA

Seorang istri hendaknya merawat seisi rumahnya. Dia mungkin memberikan perhatian sepenuhnya akan segala kegiatan di rumah atau dia mungkin juga bekerja di luar rumah. Lidia, Priskila dan Dorkas jelas bekerja di luar rumah. Jika sang istri bekerja di luar rumah, sangatlah penting untuk menjamin keseimbangan sehingga keluarganya tidak diabaikan. Hal ini berarti bahwa seluruh keluarga perlu untuk memutuskan pembagian tanggung jawab seisi rumah yang efektif. Dalam beberapa rumah tangga, mungkin ada yang mempekerjakan pembantu. Perhatian istri yang utama bukanlah mendapatkan uang ataupun harta milik melainkan kesejahteraan suami dan anak-anaknya. Istri yang baik yang digambarkan dalam Amsal 31:10-31, sementara memberikan kasih dan perhatian kepada suami dan anak-anaknya, juga bisa mencari nafkah dan membantu orang yang memerlukan.

Bacalah Amsal 31:10-31 dan ambil ayat mana yang menjelaskan tiap sifat (karakter) dari seorang "istri yang baik" berikut ini (Tulislah nomor dari tiap ayat di atas garis di depan setiap pernyataan.)

_________Dia adalah pasangan yang bisa dipercaya dari suaminya.

_________Kesejahteraan suaminya menjadi perhatiannya.

_________Dia memelihara seisi rumahnya dengan makanan.

_________Dia memelihara seisi rumahnya dengan pakaian.

_________Dia mengajarkan hikmat dan kebaikan.

_________Dia murah hati kepada orang miskin dan yang memerlukan.

_________Dia seorang wanita bisnis yang baik.

_________Dia bisa meningkatkan reputasi suaminya.

_________Dia dihormati oleh suami dan anak-anaknya.

_________Dia berserah kepada Tuhan dan memberikan tempat pertama bagi-Nya dalam hidup.

5. PASTIKAN ANDA SUDAH MEMBACA AYAT-AYAT ALKITAB BERIKUT INI

  • Amsal 31:1-31
  • Titus 2:4
  • Kolose 3:18
  • 1Tesalonika 5:11
  • Kejadian 2:18-23

  • Efesus 5:21-23

  • 1Petrus 3:1-4

  • Filipi 2:6


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati