Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Pernikahan Kristen dan Kehidupan Keluarga - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 12 - Keluarga Dan Masyarakat

PERNIKAHAN KRISTEN DAN KEHIDUPAN KELUARGA

Pelajaran 12 - KELUARGA DAN MASYARAKAT

Daftar Isi

Bacaan Alkitab

Pendahuluan

  1. Upacara Pernikahan
  2. Keluarga Besar/Sanak Saudara
  3. Muliakanlah Allah Dalam Rumah Anda
  4. Keluarga Anda Dan Gereja
  5. Keluarga Anda Dan Orang Lain
  6. Ayat-ayat

Doa

Bacaan Alkitab

Yosua 24:15.

PENDAHULUAN

Ketika Yosua dan umat Israel mengamati Tanah Perjanjian, mereka mempunyai pilihan yang harus dipilih.

  1. Mereka bisa melayani allah nenek moyang mereka dulu.

  2. Mereka bisa melayani allah asing di tanah baru yang mereka masuki.

  3. Mereka bisa melayani satu-satunya Allah yang benar yang menyatakan diri-Nya pada umat Israel dan membebaskan mereka dari perbudakan.

Anda memiliki beberapa pilihan, dimana saja anda tinggal dan kebudayaan apapun yang ada di tempat tersebut.

  1. Anda mungkin memilih tradisi dimana anda tinggal meskipun beberapa hal mungkin bertentangan dengan Firman Allah.

  2. Anda mungkin memilih jalan-jalan dari orang-orang asing di tengah-tengah anda tanpa menguji jalan-jalan tersebut dalam terang pengajaran Injil.

  3. Anda mungkin memilih jalan Tuhan seperti yang dinyatakan dalam Firman-Nya. Keluarga adalah dasar dari masyarakat. Keluarga yang memilih jalan Tuhan bisa mempunyai pengaruh positif yang besar di masyarakat. Mereka bisa menjadi contoh yang hidup dari prinsip-prinsip Tuhan dalam Alkitab. Mereka bisa menjadi teladan yang menunjukkan pada masyarakat bagaimana kehidupan Kristen bekerja. Bacalah Matius 5:14-16.

1. UPACARA PERNIKAHAN

Sebuah pernikahan Kristen dimulai dengan suatu persetujuan antara dua keluarga bersama dengan adanya khalayak ramai, sumpah dan para saksi. Ini adalah saat yang indah untuk menjadi saksi di lingkungan masyarakat anda. Dalam pernikahan Kristen, sebuah upacara pernikahan hendaknya menjadi kesaksian dari iman anda dalam Tuhan dan komitmen anda satu dengan yang lain. Anda punya kesempatan yang unik bagi penafsiran secara Kristen tentang nilai- nilai budaya.

Beberapa pasangan muda merasa bahwa mereka harus mengadakan pesta pernikahan yang mahal karena teman atau keluarga yang lain sudah mengadakan pesta pernikahan yang mahal pula. Pernikahan bukanlah suatu persaingan. Sebuah pasangan muda mungkin mulai mempersiapkan pernikahan dengan membeli cincin pertunangan dari permata. Mereka mungkin membeli pakaian pengantin impor yang mahal untuk hari itu. Kemudian mereka akan memesan kue pernikahan tiga tingkat, dan acara jamuan makan yang mahal. Kemudian mereka akan membelanjakan seluruh uang tabungan mereka, dan lebih banyak lagi sebelum upacara pernikahan selesai. Tujuan dari pernikahan Kristen adalah untuk memuliakan Allah, bukanlah untuk membuat orang lain kagum. Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." Lukas 12:15.

Suami dalam pasangan yang baru saja menikah kadang-kadang harus membayar semua biaya pernikahan, hadiah untuk anggota keluarga, dan membayar uang sekolah untuk semua saudaranya dan saudara istrinya yang masih sekolah. Hanya sedikit yang tersisa untuk keperluan rumah tangganya sendiri. Mudah untuk memulai kehidupan pernikahan anda dengan banyak hutang dan kemudian berusaha dalam sebagian besar waktu hidup anda untuk lepas dari hutang. Belajarlah untuk hidup sesuai dengan pendapatan anda. Janganlah membeli apa yang tidak mampu anda beli. Bacalah Roma 13:7-14. Sebuah pasangan Kristen dapat mengadakan pesta pernikahan yang penuh sukacita dan berarti tanpa harus menghabiskan banyak uang. Berpesta pora janganlah menjadi bagian dari pernikahan Kristen. Bicaralah dengan pasangan anda dan putuskan apa yang terbaik dengan uang yang ada. Anda mungkin memutuskan jauh lebih baik untuk membelanjakan uang untuk keperluan rumah tangga anda yang baru daripada pesta pernikahan yang besar. Beberapa pakaian baru mungkin anda inginkan, namun anda dapat memilih pakaian yang juga berguna nantinya. Anda mungkin ingin memberikan hidangan sebelum para tamu pulang, terutama jika mereka datang dari tempat yang jauh. Hidangan yang sederhana dan layak sudah cukup dihargai. Akhirnya, sebuah pasangan Kristen janganlah berpikir untuk menghidangkan alkohol dalam pesta pernikahan mereka.

Pesta pernikahan yang mahal mungkin membuat orang terkesan dalam satu hari. Pernikahan yang bahagia adalah suatu saksi tentang kuasa dan kasih Tuhan Yesus yang bertahan selama kehidupan pernikahan itu sendiri.

2. KELUARGA BESAR/SANAK SAUDARA

Ketika hari pernikahan tiba, ada perubahan; sebuah keluarga baru terbentuk. Si pria dan wanita yang muda masih mengasihi ayah dan ibu mereka, namun mereka telah menggabungkan diri mereka untuk mendirikan keluarga yang baru. Kasih dan kesetiaan mereka yang pertama adalah untuk pasangan mereka. Alkitab mengatakan, "...laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan akan bersatu dengan istrinya, sehingga mereka akan menjadi satu daging." Matius 19:5

Pasangan anda harus yang muncul pertama dalam pikiran anda jika pernikahan anda ingin utuh dan bahagia. Carilah dari pasangan anda semua simpati, nasihat, penghiburan dan persahabatan yang anda inginkan, dan kemudian hubungan yang intim dan dalam akan terbentuk. Kalau anda bicara lebih terbuka kepada ibu atau ayah anda daripada dengan suami atau istri anda, maka anda kehilangan sukacita yang penuh dari suatu pernikahan.

Namun hal ini tidak berarti bahwa keluarga dan sanak saudara yang lain segera dilupakan saat upacara pernikahan selesai. Di belakang dan disamping pasangan muda tersebut berdiri orang tua dan kakek atau nenek, bibi dan paman, saudara laki-laki dan perempuan. Bersama-sama, pasangan muda akan belajar untuk mengasihi dan menghargai semua saudara baik dari pihak suami atau istri. Bersama- sama mereka akan memberikan hormat dan kebaikan kepada para orang tua yang telah mengasuh mereka dari masa kanak-kanak. Tanggung jawab keluarga, yang dimiliki oleh suami atau istri secara pribadi, setelah pernikahan akan ditanggung bersama. Jika satu pihak mempunyai adik, orang tua yang sudah lanjut, sanak saudara yang sakit atau miskin, yang harus dibantu, maka yang lain dengan senang hati akan membantu.

Tanggung jawab seperti tersebut diatas janganlah memisahkan suami dan istri, atau merenggangkan hubungan mereka. Bekerjasama untuk saling mengasihi dan menolong orang lain akan menarik suami dan istri ke dalam hubungan yang lebih intim satu dengan yang lain.

Rumah tangga Kristen anda dapat menjadi contoh bagi sanak saudara dan masyarakat. Kalau kasih Kristus dapat dilihat dalam hubungan keluarga anda, maka yang lain akan menginginkan bimbingan anda. Kalau anda menunjukkan kedewasaan dan kepemimpinan Kristen, orang-orang di sekitar anda akan menginginkan anda duduk bersama mereka dan menjelaskan jalan hidup orang Kristen.

3. MULIAKANLAH ALLAH DALAM RUMAH ANDA

Mazmur 32:8 mengajarkan bahwa Tuhan "... hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh." Allah akan membimbing anda jika anda memuliakan Allah dalam rumah anda.

Ibadah adalah aktivitas keluarga yang akan menolong pertumbuhan rohani dalam rumah tangga. Pergi ke gereja bersama-sama sangatlah penting. Namun pergi ke gereja tidak bisa menggantikan kesempatan untuk dapat beribadah di rumah mereka sendiri. Dalam ibadah keluarga, setiap anggota keluarga dapat berperan. Ibadah dapat dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tiap anggota keluarga. Persekutuan keluarga, waktu belajar Alkitab, diskusi dan atau pujian keluarga dapat menjadi suatu pengalaman yang berarti untuk memuliakan Allah. Jika anda tidak merencanakan dan mempersiapkan pengalaman-pengalaman seperti itu, maka hal-hal itu tidak akan terjadi. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. Kolose 3:16.

Keluarga juga bertanggung jawab atas pendidikan rohani. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Ulangan 6:6-7. Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. Amsal 22:6. Pendidikan Kristen terdiri dari banyak hal. Hal-hal ini termasuk pengajaran, koreksi, memberi dorongan, mendisiplin dan memberikan dukungan secara rohani. Mungkin yang lebih penting dan merupakan perintah secara langsung adalah contoh kehidupan Kristen. Dengan sikap hidup anda, bukti dari iman anda, dan kerajinan anda dalam mempelajari Firman Tuhan, lebih banyak yang bisa dipelajari jika dibandingkan dengan melalui pemberian banyak petunjuk. Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. 1Timotius 4:12. Suami dan istri, dalam kehidupan Kristennya, dapat memberikan sumbangan untuk perkembangan rohani satu dengan yang lain dan bagai anak-anak mereka. Banyak anak yang bahkan memberikan contoh yang sesuai dengan Firman Tuhan bagi orang tua mereka.

Sebuah keluarga dapat memuliakan Allah dengan merayakan kebaikan-Nya sebagai suatu aktivitas keluarga. Para anggota keluarga dapat merenungkan pekerjaan dan berkat Tuhan lalu memberikan kesaksian dalam hidup mereka. Bacalah Mazmur 96.

Ingatlah keindahan Tuhan yang terlihat saat melihat matahari terbenam, melihat pelangi, melihat buah sulung dari panen, melihat bunga-bunga. Rayakanlah kejadian-kejadian dalam keluarga, seperti ulang tahun, kedatangan saudara atau teman, hari pertama sekolah. Saat anda merasakan kehadiran Tuhan, anda bisa memuliakan Allah dengan menyatakan kuasa-Nya dalam hidup anda. Allah dimuliakan secara diam- diam oleh beberapa orang dan dengan lantang oleh yang lain. Nyatakanlah perbuatan Tuhan yang unik bagi anda dengan ungkapan yang jujur.

4. KELUARGA ANDA DAN GEREJA

Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 1Yohanes 1:7. Bacalah Ibrani 10:24- 25. Gereja membentuk semacam keluarga besar yang mana seluruh anggota berhubungan seperti saudara-saudara dalam Kristus. Gereja akan menyediakan makanan rohani, semangat untuk bertumbuh, kesempatan untuk beribadah, kesempatan untuk persekutuan Kristen, dan dukungan pada masa-masa sulit. Keluarga perlu untuk berdiskusi dan merencanakan untuk terlibat di gereja. Mereka perlu menjadi anggota dari sekolah Minggu, ikut kebaktian, persekutuan doa, pelayanan keluar, pemuridan dan kegiatan- kegiatan yang lain. Keluarga harus merencanakan bersama- sama untuk memberikan perpuluhan dan persembahan. Keluarga dapat mendukung para pemimpin gereja dengan mengungkapkan sikap-sikap yang positif dan memberikan semangat. Keluarga-keluarga di gereja akan mempunyai hubungan yang dekat saat mereka ingat untuk saling mendoakan.

5. KELUARGA ANDA DAN ORANG LAIN

Selain dari orang-orang atau kelompok-kelompok yang telah dibicarakan, suatu keluarga hendaknya juga berhubungan baik dengan para tetangga, teman, orang-orang yang kekurangan, orang asing, rekan sekerja, pemerintah, pegawai di sekolah, dan masih banyak lagi yang lain. Sama seperti tiap orang percaya diperintahkan untuk melayani, demikian juga suatu keluarga. Kehidupan keluarga berhubungan dengan semua lingkungan kehidupan yang lain, termasuk sanak saudara, gereja, pekerjaan sehari-hari, pemerintah dan lingkungan pada saat- saat santai. Alkitab menekankan bahwa apapun yang anda lakukan, lakukanlah untuk kemuliaan Tuhan. Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. 1Korintus 10:31. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. Kolose 3:17.

6. PASTIKAN ANDA SUDAH MEMBACA AYAT-AYAT ALKITAB BERIKUT INI

  • Yosua 24:15
  • Lukas 12:15
  • 1Timotius 6:1-11
  • Matius 19:5
  • Kolose 3:16
  • Amsal 22:6
  • Mazmur 96
  • Ibrani 10:24-25
  • Kolose 3:17
  • Matius 5:14-16
  • Roma 13:7-14
  • 1Yohanes 1:15-17
  • Mazmur 32:8
  • Ulangan 6:6-7
  • 1Timotius 4:12
  • 1Yohanes 1:7
  • 1Korintus 10:31

MANUSIA DAPAT MENEMUKAN SUKACITA DAN KEPUASAN JIKA DIA MENGATUR HIDUPNYA MENURUT RENCANA ALLAH


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati