Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Injil Markus - Bagian 2 - Biblika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


Kembali Ke Daftar Isi
Pelajaran 7 - Kristus Berbicara Tentang Masa Yang Akan Datang

INJIL MARKUS - BAGIAN 2

PELAJARAN 7 - KRISTUS BERBICARA TENTANG MASA YANG AKAN DATANG

Bacaan Alkitab: Markus 13:1-37

Ayat hafalan:

Apa yang kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: "Berjaga-jagalah!" Markus 13:37

Pasal 13 dalam Injil Markus ini sangat berbeda dengan pasal-pasal lainnya. Hal ini benar karena alasan berikut ini:

  1. Firman disampaikan dalam bahasa gambar dan dengan gaya tulis dan cara berpikir orang-orang Yahudi dan tulisan dari jaman Perjanjian Lama.

  2. Firman Tuhan Yesus tentang masa depan telah terkumpul dalam pasal ini. Kita harus melihat ayat-ayat ini secara terpisah sehubungan dengan hadirnya hari Tuhan, kehancuran Yerusalem, dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya.

Yesus sedang berbicara kepada murid-murid dan sahabat-sahabatakrab-Nya tentang hal-hal yang sebagian besar akan menyangkut kedua belas murid-Nya dan kesulitan-kesulitan yang akan mereka segera hadapi. Namun semua ajaran-Nya selama waktu ini mengandung arti bagi para pengikut-Nya sampai akhir jaman.

PERUNTUHAN BAIT ALLAH

Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: "Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!" Lalu Yesus berkata kepadanya: "Kaulihat gedung-gedung yang megah ini? Tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan." Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, berhadapan dengan Bait Allah, Petrus, Yakobus, Yohanes dan Andreas bertanyakepada-Nya: "Katakanlah kepada kami, bila manakah itu akan terjadi, dan apakah tandanya, kalau semuanya itu akan sampai kepada kesudahannya." Markus 13:1-4

Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya meninggalkan Bait Allah, murid-murid-Nya memperbincangkan tentang indahnya bangunan besar ini. Sejarah menyatakan kepada kita bahwa beberapa batu panjangnya 65 kaki, 8 kaki lebarnya dan 9 kaki tingginya. Akan tetapi menanggapi pernyataan murid-murid-Nya, Yesus berkata bahwa batu itu tidak akan sampai kepada kesudahannya. Batu itu akan diruntuhkan. Peristiwa tersebut sungguh-sungguh terjadi pada tahun 70 M, kurang lebih 40 tahun setelah kata-kata Yesus ini. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sampai ke Bukit Zaitun, berhadapan dengan Bait Allah di Yerusalem, para murid-Nya minta penjelasan yang lebih lengkap dari Yesus mengenai keruntuhan yang akan terjadi itu.

MENJELANG HARI-HARI YANG MENAKUTKAN Markus 13:5-23

Yesus menceritakan tentang hari-hari yang mengerikan yang segera datang untuk murid-murid tersebut dan semua orang Yerusalem. Yesus mengatakan bahwa penyelamat-penyelamat palsu akan datang. Akan datang banyak orang dengan memakai namaKu dan berkata: Akulah dia, dan mereka akan menyesatkan banyak orang Markus 13:6. Akan terjadi perang dan kabar-kabar tentang perang. Dan apabila kamu mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang, janganlah kamu gelisah. Semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Markus 13:7. Akan terjadi gempa bumi, kelaparan dan penderitaan besar. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru. Markus 13:8. Bait Allah itu sendiri akan dicemarkan sebelum penghancuran. "Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatunya - parapembaca hendaklah memperhatikannya - maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. Markus 13:14. Satu-satunya hal bijaksana yang harus dilakukan orang adalah melarikan diri dari tempat tinggalnya. Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil sesuatu dari rumahnya, Markus 13:15. Pemberitahuan Yesus tentang keruntuhan Yerusalem dengan kesusahan dan penderitaan orang-orang telah digenapi ketika tentara Roma menundukkan pemberontakan Yahudi dari tahun 66-70 M. Yesus juga mengatakan bahwa, di samping kengerian pengepungan Yerusalem, murid-murid-Nya harus menderita siksaan dari para pemimpin agama. Dalam semua penderitaan ini Yesus meminta kepada mereka supaya tidak takut. Allah akan memberi mereka kata-kata untuk dikatakan pada waktu sidang pengadilan. Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akanapa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus. Markus 13:11. Mereka tidak boleh percaya bahwa kedatangan-Nya kembali adalah pada saat itu, tetapi banyak nabi palsu akan muncul yang menyatakan diri sebagai Kristus dan menyesatkan banyak orang.

KEDATANGAN YESUS DALAM KUASA Markus 13:24-30

Pada titik ini dalam pembicaraan dengan para murid, Yesus menceritakan tentang suatu masa yang akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya. "Tetapi pada datang. Akan datang suatu masa ketika matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya", Markus 13:2. Akan ada masa anugerah yaitu pada waktu Allah akan berbicara kepada manusia supaya menyelamatkan mereka melalui Injil Tuhan Yesus Kristus. Saat ini kita sedang hidup pada masa anugerah itu, ketika Allah menerima orang berdosa yang bertobat, yaitu mereka yang datang kepada-Nya dengan iman. Dalam Kejadian 6:3, Allah memperingatkan Nuh bahwa Roh-Nya tidak akan tinggal selama-lamanya di dalam manusia. Kesempatan untuk bertobat akan hilang pada suatu hari. Berfirmanlah Tuhan: "RohKu tidak akan tinggal selama-lamanya di dalam manusia, karenamanusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Kesempatan ini diberikan kepada manusia pada masa Nuh sebelum datangnya banjir besar (air bah). Kita mempunyai anugerah Tuhan dan kesempatan untuk menerima Yesus sebagai Juru Selamat kita pada saat ini. Akan tetapi, waktunya akan tiba di mana kesempatan untuk diselamatkan akan berlalu dan merekayang belum menjawab panggilan Allah akan kehilangan kesempatan tersebut. Kita tidak dapat mengetahui kapan anugerah Tuhan akan berakhir. Alkitab mengatakan, "Hari ini hari keselamatan itu." Kita tidak tahu kapan anugerah tersebut akan berakhir untuk kita secara individu. Lonceng yang berbunyi di kejauhan dapat didengar sementara orang berjalan lebih jauh dan lebih jauh lagi, tetapi akandatang waktunya di mana satu langkah lagi menyebabkan orang tersebut di luar jangkauan suara lonceng itu. Marilah kita yakin bahwa kita selalu menanggapi Roh Kudus ketika Dia berbicara di dalam hati kita.

Dalam 2Petrus 3:9 kita membaca bahwa Allah tidak menginginkan siapapun dihukum, tetapi Dia menginginkan semua datang kepada keselamatan melalui pertobatan. "…Ia sabar terhadap kamu, karena Iamenghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat." Akan tetapi, ada peringatan bahwa hari Tuhan akandatang dengan tiba-tiba dan tak terduga. Tugas kita adalah untuk dipersiapkan sehingga kapanpun hari itu tiba kita sudah siap. Kita dapat mempersiapkan diri sekarang dengan bertobat dari dosa-dosa kita dan menerima pengampunan di dalam Yesus Kristus, Anak Allah dan Juru Selamat kita.

KEDATANGAN YESUS DALAM KUASA Markus 13:24-30

Pada suatu saat yang diketahui hanya oleh Allah Bapa saja, masa anugrah ini akan berakhir dan Yesus akan datang ke dunia kembali. "Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja." Markus 13:32. Hal ini akan menggenapi semua nubuat dan kata-kata malaikat pada hari kenaikan Yesus.

Dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga." Kisah Para Rasul 1:11

"Anak manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan"Matius 26:24. Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat AnakManusia duduk di sebelah kanan Yang Maha Kuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit." Markus 14:62

Bahkan walaupun kita tidak dapat mengetahui waktu yang pasti kedatangan Yesus kembali, kita dapat melihat tanda-tanda kedatangan-Nya kembali. Seperti seseorang mungkin mengetahui kedatangan musim panas dengan melihat kuncup pada pohon ara, demikian juga kita dapat mengetahui kedatangan Kristus dengan melihat tanda-tanda akhir jaman seperti yang digambarkan dalam Alkitab. Bagian kita adalah berjaga-jaga dan berdoa. Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. Markus 13:33. Kita harus siap pada saat Tuhan kembali. "Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!" Markus 13:37. Kita harus mengisi waktu kita dengan pekerjaan yang telah diberikan Allah kepada kita bahkan sebagai hamba yang ditinggalkkan oleh Tuan rumah pada hari keberangkatan-Nya. Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. Markus 13:34. Pekerjaan kita sebagai orang Kristen adalah mencari dan memenangkan orang lain untuk mengenal Kristus sebagai Juru Selamat pribadi mereka.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta © 2005-2018 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati