Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Kualifikasi Pelayan Kristus - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


KUALIFIKASI PELAYAN KRISTUS
Info
Kata Pengantar
Daftar isi
Mengenal Prinsip bahan KTB Kontekstual
Mengenal Struktur Umum Bahan KTB Kontekstual
Pengantar Kitab
Dasar Ajaran Pelayan Kristus
Kasih Karunia Pelayan Kristus
Doa Syafaat Pelayan Kristus
Kesaksian Pelayan Kristus
Kriteria Pelayan Kristus
Kewaspadaan Pelayan Kristus
Keunggulan Pelayan Kristus
Partisipasi Pelayan Kristus
Kehormatan Pelayan Kristus
Nasehat Pelayan Kristus
Ikrar Pelayan Kristus
Memahami Kebutuhan Anggota KTB Kontekstual
Daftar Bahan KTB Kontekstual
Lembar Komitmen Anggota KTBK
Kartu KTB Kontekstual

[Daftar Isi 00217]

Seri KTB Kontekstual

KUALIFIKASI PELAYAN KRISTUS
(Surat 1 Timotius)

Oleh:
Dr. Timotius Haryono
Trifena Yuliati, MA

Persekutuan Mahasiswa Kristen Surakarta
Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel
Surakarta 2005

Diterbitkan oleh:
PMK Surakarta & STT Gamaliel
Jl. Petir 18 Jebres Surakarta 57126
Telepon (0271) 648423

Cetakan pertama, 2005


[Daftar Isi 00217]

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur hanya dinaikkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memimpin dan mengaruniakan pada penulis untuk menyelesaikan bahan KTBK yang berjudul Kualifikasi Pelayan Kristus dari Kitab 1 Timotius. Bahan ini diharapkan dapat menjadi sarana pertumbuhan rohani dalam melaksanakan visi Allah yaitu Gerakan Cinta Alkitab se Dunia.

Pada mulanya bahan KTBK ini hanya ditujukan untuk para mahasiswa yang tergabung dalam Persekutuan Mahasiswa Kristen di Surakarta diantaranya PMKS, PMK UNS, PMK AUB, PMK UTP, PMK ATMI, PMK ABA, PMK ASMI, PMK UKS, dsb. Akan tetapi, dalam perkembangannya seri bahan KTBK ini telah digunakan di berbagai denominasi gereja baik di dalam maupun luar negeri serta berbagai kalangan dari anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dan orang tua. Penulis bersyukur bahwa bahan ini dapat memenuhi kebutuhan rohani anggota, alkitabiah dan kontekstual.

Bahan KTBK "Kualifikasi Pelayan Kristus" merupakan bahan studi Surat 1 Timotius. Surat ini merupakan surat penggembalaan dari Rasul Paulus kepada Timotius. Bahan ini disusun untuk menolong orang percaya memiliki pemahaman yang benar tentang kualifikasi pelayan Kristus yang alkitabiah dan kontekstual meliputi dasar ajaran, kasih karunia, doa syafaat, kesaksian, kriteria, kewaspadaan, keunggulan, partisipasi, kehormatan, nasehat dan ikrar pelayan Kristus.

Harapan kami bahan ini dapat bermanfaat bagi para anggota KTBK yang memakainya baik PMK maupun gereja-gereja Tuhan.

Surakarta, Maret 2005
Penulis


[Daftar Isi 00217]

DAFTAR ISI

00215 Info
00216 Kata Pengantar
00217 Daftar Isi
00218 Mengenal Prinsip Bahan KTB Kontekstual
00219 Mengenal Struktur Umum Bahan KTB Kontekstual
00220 Pengantar Kitab
00221 1. Dasar Ajaran Pelayan Kristus
00222 2. Kasih Karunia Pelayan Kristus
00223 3. Doa Syafaat Pelayan Kristus
00224 4. Kesaksian Pelayan Kristus
00225 5. Kriteria Pelayan Kristus
00226 6. Kewaspadaan Pelayan Kristus
00227 7. Keunggulan Pelayan Kristus
00228 8. Partisipasi Pelayan Kristus
00229 9. Kehormatan Pelayan Kristus
00230 10. Nasehat Pelayan Kristus
00231 11. Ikrar Pelayan Kristus
00232 Memahami Kebutuhan Anggota KTB Kontekstual
00233 Daftar Bahan KTB Kontekstual
00234 Lembar Komitmen Anggota KTBK
00234 Kartu KTB Kontekstual


[Daftar Isi 00217]

MENGENAL PRINSIP BAHAN KTB KONTEKSTUAL

Bahan KTB Kontekstual disusun untuk memenuhi kebutuhan rohani anggota-anggotanya. Kebutuhan ini meliputi aspek: rohani, kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan karakter), konatif (tingkah laku dan ketrampilan), dan relasi.

Bahan KTB Kontekstual dirancang meliputi 3 scope:

  • Peneguhan, tujuannya adalah menghantar anggota KTBK memiliki kehidupan iman yang teguh di dalam Kristus. (Surat I Yohanes dan Injil Yohanes)
  • Pembinaan Dasar, tujuannya untuk menolong anggota KTBK bertumbuh ke arah kedewasaan penuh dalam Kristus dengan memahami dasar-dasar kekristenan. (Surat Efesus, Surat Kolose, dan Surat Yakobus).
  • Pembinaan Lanjutan, tujuannya adalah menolong anggota KTBK agar dapat terus bertumbuh ke arah Kristus dan melayani Tuhan. (menggunakan bahan Kitab Nehemia, Markus, Kisah Rasul, dan Surat II Timotius).

Bahan Referensi adalah buku-buku rohani yang terseleksi. Bahan ini digunakan setiap anggota KTBK untuk memperkaya pengetahuan rohani dan Firman Allah dari setiap scope. Pemilihan dan penggunaan bahan berdasarkan kesepakatan anggota.

Bahan KTBK yang sedang saudara baca ini merupakan Bahan untuk scope Pembinaan Lanjutan yang diambil dari Kitab Kisah Para Rasul. Dengan mempertimbangkan kebutuhan rohani scope ini adalah meliputi Urapan Saksi Kristus, Pengalaman Saksi Kristus, Berita Saksi Kristus, Pelayanan Saksi Kristus dan lain-lainnya.

Setelah ber-KTBK dengan bahan ini, lanjutkanlah KTBK saudara dengan bahan-bahan scope Pembinaan Lanjutan lainnya dan sharingkan kepada rekan-rekan saudara agar mereka rindu bertumbuh ke arah Kristus. Mulailah membentuk dan memimpin KTBK baru.


[Daftar Isi 00217]

MENGENAL STRUKTUR UMUM BAHAN KTB KONTEKSTUAL

Bahan Utama KTB Kontekstual disusun dengan struktur umum yang terdiri dari dua bagian yaitu Pengantar Kitab dan Bahan KTBK untuk setiap pertemuan.

I. Pengantar Kitab

Pengantar Kitab berisi fakta dan data seputar kitab untuk menuntun anggota KTBK ke dalam studi teks secara alkitabiah dan kontekstual. Bagian ini dibahas pada setiap awal pertemuan KTBK.

II. Bahan KTBK Untuk Setiap Pertemuan

Bahan KTBK untuk setiap pertemuan disusun dengan pola umum sebagai berikut:

1. Topik

2. Sasaran

Berisi penjelasan tentang arah pertemuan KTBK dalam membahas setiap topik agar anggota mengerti fokus.

3. Teks Alkitab

4. Introduksi

Berisi pengantar singkat ke dalam Pemahaman Alkitab (PA) untuk pertemuan yang bersangkutan. KTBK memakai metode PA Induktif Kontekstual yang meliputi Observasi, Interpretasi, dan Aplikasi.

5. Observasi

Usaha mencari fakta dan data Alkitab sebanyak­banyaknya sebagai dasar untuk mengerti maksud penulis. Tersedia beberapa pertanyaan penolong seperti: siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana?

6. Interpretasi

Menafsirkan bagian Alkitab yang talah diselidiki. Kolom ini berisi pertanyan penolong yang mengarahkan penaf­siran pada teks sesuai dengan maksud penulis.

7. Aplikasi

Aplikasi adalah penerapan kebenaran Firman Tuhan yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

8. Diskusi

Diskusi adalah pembicaraan bersama mengenai masalah masa kini, disesuaikan dengan topik yang sedang di bahas dan bertujuan untuk memperkaya wawasan anggota KTBK.

9. Aksi

Berisi beberapa proyek ketaatan terhadap Firman Allah yang baru saja dibahas. Aksi ini dilaksanakan oleh setiap anggota segera setelah pertemuan KTBK.

10. Evaluasi

Kolom ini untuk mencatat segi positif dan negatif anggota KTBK dalam melaksanakan aksi minggu lalu. Untuk hal-hal yang negatif perlu dicari jalan keluar agar aksi lebih efektif. Evaluasi dilakukan pada awal setiap pertemuan KTBK.

11. Doa

Berisi beberapa pokok doa pribadi yang didoakan secara bersama pada setiap pertemuan. Tambahkan pula pokok-pokok doa syafaat bagi gereja Tuhan dan pelayanan.


[Daftar Isi 00217]

PENGANTAR SURAT 1 TIMOTIUS

Surat 1 Timotius ditulis oleh Paulus di Makedonia sekitar tahun 65 M. Berdasarkan data-data yang ada surat ini dikenal sebagai surat penggembalaan. Dalam surat penggembalaan Paulus banyak membahas tentang gereja dan organisasinya ditinjau dari sudut pelayan Kristus.

Sekitar tahun 64-65 M, Timotius mendapat tugas dari Paulus untuk melayani di Efesus sebagai gembala sidang muda. Tugas dan tanggung jawab Timotius cukup berat. Ia harus menghindarkan jemaat dari pengajaran-pengajaran palsu dalam ibadah dan mengkader pemimpin-pemimpin yang berusia dewasa.

Paulus sebagai gembala senior menulis surat kepada Timotius mengenai sikap pelayan Kristus dalam menghadapi tugas berat tersebut. Paulus menasehati Timotius supaya waspada agar kemudaannya jangan menjadi penghambat pelayanannya. Ia harus mengenal dan hati-hati terhadap pengajar-pengajar palsu yang tidak memiliki kebenaran, kebaikkan, kasih, ketekunan dan kelemahlembutan.

Nasehat Paulus ini bertujuan agar Timotius pertama, mempunyai pegangan dalam bertanggung jawab sebagai pelayan Kristus muda baik dalam kehidupan pribadi dan pelayanannya. Kedua, mendorong Timotius untuk mempertahankan kemurnian Injil dan menjadikannya standar kebenaran. Ketiga, mengarahkan Timotius mengenai berbagai urusan dan persoalan jemaat di Efesus.

Bahan ini masuk dalam skope pembinaan lanjutan dan sangat cocok bagi orang percaya yang siap mengambil bagian dalam pelayanan atau siap menjadi pemimpin rohani.

Kitab 1 Timotius akan disajikan dalam 11 topik menarik tentang kualifikasi pelayan Kristus yaitu:

1. Dasar Ajaran Pelayan Kristus
2. Kasih Karunia Pelayan Kristus
3. Doa Syafaat Pelayan Kristus
4. Kesaksian Pelayan Kristus
5. Kriteria Pelayan Kristus
6. Kewaspadaan Pelayan Kristus
7. Keunggulan Pelayan Kristus
8. Partisipasi Pelayan Kristus
9. Kehormatan Pelayan Kristus
10. Nasehat Pelayan Kristus
11. Ikrar Pelayan Kristus

Setelah memahami kesebelas topik dari Surat 1 Timotius dalam Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual, saudara akan diperlengkapi sebagai pelayan Kristus yang berkualitas dalam pelayanan.


[Daftar Isi 00217]

1. DASAR AJARAN PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Anggota KTBK memiliki dasar ajaran sehat berdasarkan Injil dari Allah dalam berjemaat.

TEKS

1Ti 1:1-12

INTRODUKSI

Rasul Paulus pernah heran karena jemaat di Galatia berbalik dari Yesus dan mengikuti Injil lain yang sebenarnya bukan Injil. Bahkan ia menegaskan sekalipun seorang malaikat dari surga yang memberitakan injil yang berbeda dengan Injil yang telah diberitakan Paulus adalah: "terkutuklah dia". Bagaimana membedakan Injil yang benar dengan injil yang palsu? Pernahkah saudara berpikir ada ajaran sesat di dalam jemaat Tuhan masa kini?

OBSERVASI

  • Bagaimana relasi Paulus dan Timotius! (ayat 1Ti 1:1-2, 11-12)
  • Apa desakan Paulus kepada Timotius? (ayat 1Ti 1:3)
  • Nasehat apa yang harus disampaikan Timotius kepada Jemaat di Efesus? Apa tujuan nasehat itu? (ayat 1Ti 1:3-5)
  • Fakta-fakta apa yang terjadi di Jemaat Efesus? (ayat 1Ti 1:6-7)
  • Bagaimana ciri-ciri ajaran sesat (ayat 1Ti 1:8-11) dan ajaran sehat? (ayat 1Ti 1:11-12)
INTERPRETASI

  • Mengapa Paulus mendesak Timotius untuk tinggal di Efesus dan untuk memberikan nasehat kepada jemaat?
  • Bandingkan superioritas Injil dengan Hukum Taurat dan aplikasinya! Mengapa hukum taurat harus tepat digunakan?

APLIKASI

  • Sharingkanlah pengalaman saudara didesak dan mendesak orang lain untuk tinggal di satu tempat untuk melayani dan memberitakan Injil!
  • Ceritakanlah pengalaman saudara menasehati orang yang terjerat ajaran sesat!

DISKUSI

  • Bagaimana ciri-ciri ajaran sesat yang sedang terjadi di gereja masa kini?
  • Bagaimana sikap dan tindakan gereja menghadapi ajaran sesat tersebut?

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 1:10b-11
  • Buatlah dalam catatan saudara ciri-ciri Injil yang benar! Sampaikanlah kepada paling sedikit dua saudara seiman!

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

Doakanlah setiap anggota KTBK memiliki dasar ajaran sehat berdasarkan Injil dari Allah dalam menghadapi setiap ajaran sesat.


[Daftar Isi 00217]

2. KASIH KARUNIA PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Anggota KTBK menjadi pelayan Kristus yang menyadari kasih karunia di dalam Kristus dan tanggung jawabnya

TEKS

1Ti 1:12-20

INTRODUKSI

John Newton lahir di Inggris pada tahun 1725. Pada usia 7 tahun ia ditinggal mati ibunya. Selama 11 tahun Newton mengikuti ayahnya yang bekerja sebagai nakoda kapal laut. Pada usia 29 tahun ia sakit keras. Ia merenungkan Injil Yoh 8:1-11 dan menciptakan sebuah lagu Amazing Grace. Lagu ini kemudian dinyanyikan oleh Jessey Norman di Stadion Wembley Inggris. Tujuh puluh ribu orang yang mendengarkannya diam terpaku. Sudahkah saudara menyadari kasih karunia di dalam Yesus Kristus? Bagaimana mengenali kasih karunia dari Allah

OBSERVASI

  • Apa yang disyukuri Paulus tentang dirinya? (ayat 1Ti 1:12-14)
  • Dalam hal apa saja kasih karunia Kristus ditunjukkan kepada Paulus? (ayat 1Ti 1:12-16)
  • Apa tanggung jawab Paulus setelah menerima kasih karunia Kristus? (ayat 1Ti 1:16-17)
  • Tugas apa yang diberikan Paulus kepada Timotius? (ayat 1Ti 1:18-20)

INTERPRETASI

  • Mengapa Paulus bisa menyadari bahwa dirinya menerima kasih karunia Kristus? (Bandingkan tahapan pengenalan kasih karunia dalam 1Ko 15:9-10; Ef 3:8)
  • Mengapa Paulus dan Timotius menjadi contoh dalam memperjuangkan perjuangan yang baik?

APLIKASI

  • Ceritakanlah bagaimana kesadaran saudara menerima dan mensyukuri kasih karunia Kristus?
  • Bagaimana pelayanan saudara setelah menerima kasih karunia Kristus?

DISKUSI

  • Bandingkan melayani Tuhan karena kesadaran dirinya menerima kasih karunia dengan tanpa kesadaran?

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 1:14
  • Bacalah Buku "KEAJAIBAN KASIH KARUNIA" karangan Philip Yancey, Penerbit: Batam Center, 1999

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakan supaya setiap pelayan Kristus semakin meyadari kasih karunia di dalam Kristus dan melayani dengan penuh tanggung jawab.

[Daftar Isi 00217]

3. DOA SYAFAAT PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mengerti dan mau melakukan doa syafaat yang alkitabiah dan kontekstual dalam pelayanan.

TEKS

1Ti 2:1-8

INTRODUKSI

Seorang dosen teologia dari Nusa Tenggara Timur pernah bersaksi bahwa ketika masih muda ia pernah mengenal seorang bapak yang berdoa syafaat terus menerus untuk para tetangganya. Ternyata lama setelah itu seluruh kampungnya percaya dan menerima Injil Yesus Kristus. Dosen ini kagum akan kuasa doa syafaat dan mendorongnya untuk berdoa syafaat. Bagaimana isi doa saudara setiap kali berdoa? Pernahkah mendoakan orang lain agar diselamatkan?

OBSERVASI

  • Untuk apa dan untuk siapa berdoa syafaat? (ayat 1Ti 2:1-2)
  • Apa kehendak Allah bagi orang percaya dan orang-orang di dunia? Bagaimana alasannnya? (ayat 1Ti 2:3-5)
  • Bagaimana Yesus menyelamatkan manusia? (ayat 1Ti 2:5-7)
  • Siapa dan bagiamana syarat berdoa syafaat yang alkitabiah? ( ayat 1Ti 2:8)

INTERPRETASI

  • Mengapa berdoa syafaat?
  • Mengapa berdoa untuk orang lain agar diselamatkan dalam Yesus?
  • Mengapa berdoa untuk raja-raja?
  • Apa manfaat berdoa syafaat?
  • Apa artinya berdoa dengan 'tangan suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan'?

APLIKASI

  • Sudahkah saudara menyadari pentingnya berdoa syafaat?
  • Sudahkan saudara berdoa syafaat?
  • Sharingkan kekuatan dan kelemahan saudara dalam berdoa syafaat!

DISKUSI

  • Apa perbedaan antara berdoa dengan berdoa syafaat?
  • Carilah 10 penyebab yang membuat orang Kristen tidak mau atau kesulitan berdoa syafaat.

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 2:3
  • Berjanjilah dengan 3 saudara seiman untuk mengadakan persekutuan doa syafaat bagi bangsa Indonesia dalam minggu ini!
  • Sharingkan hasilnya pada pertemuan mendatang!

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakanlah agar Presiden, para menteri, gubernur sampai bupati dan suku-suku bangsa yang belum diselamatkan agar menerima Injil Yesus Kristus!

[Daftar Isi 00217]

4. KESAKSIAN PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK memiliki kesaksian hidup yang baik sebagai pelayan Kristus khususnya pada seorang perempuan.

TEKS

1Ti 2:8-15

INTRODUKSI

Dalam majalah "Jakarta-Jakarta" Edisi Maret 1986 dituliskan tentang gaya hidup mantan ibu negara Filipina: Imelda Marcos. Dia terkenal sebagai perempuan yang suka berdandan dengan 3000 pasang sepatu, 68 pasang sarung tangan, 22 gaun dan mantel seharga 13.200 dolar, lima mantel bulu, peralatan rias seharga 39.000 dolar, 6 keranjang sabun import dan lain-lainnya. Bagaimana seharusnya perempuan berdandan dan beribadah?

OBSERVASI

  • Apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang perempuan dalam ibadah? (ayat 1Ti 2:9-10)
  • Apa yang seharusnya dilakukan oleh perempuan dalam menerima ajaran dan dalam keluarga? (ayat 1Ti 2:11-12).
  • Apa alasannya? (ayat 1Ti 2:13-15) Apa hubungan antara berdandan dengan mengajar atau memerintah laki-laki?

INTERPRETASI

  • Mengapa perempuan berdandan dengan perbuatan baik, pantas, sopan dan sederhana?
  • Mengapa perempuan tidak boleh mengajar dan memerintah laki-laki tetapi hanya berdiam diri? Apakah hal ini berarti menjadi pasif?
  • Apakah artinya mengajar dan memerintah laki-laki?

APLIKASI

  • Jika saudara perempuan, bagaimana cara berdandan dalam rangka bersaksi?
  • Jika saudara laki-laki, bagaimana respon saudara melihat perempuan yang sederhana dan sopan?
  • Jika saudara perempuan, bagaimana fungsi dalam mengajar dan memerintah laki-laki?
  • Jika saudara laki­laki, bagaimana respon saudara jika diajar dan diperintah perempuan dalam keluarga dan jemaat?

DISKUSI

  • Bagaimana kalau gembala sidang adalah seorang perempuan?
  • Apa kekuatan dan kelemahannya jika dibandingkan dengan gembala sidang laki-laki?
  • Diskusikanlah dalam konteks di jemaat masa kini!

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 2:9
  • Berdandanlah secara sederhana dan catatlah perbuatan­perbuatan baik saudara yang dilakukan dalam minggu ini!

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakanlah ibu-ibu rumah tangga dan saudara-saudara seiman perempuan agar memiliki perbuatan baik dalam bersaksi bagi Yesus

[Daftar Isi 00217]

5. KRITERIA PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK dapat mengerti kriteria pelayan Kristus yang alkitabiah dan menerapkannya dalam pemilihan pelayan Kristus dalam pelayanan.

TEKS

1Ti 3:1-13

INTRODUKSI

Pemilihan pengurus Persekutuan Mahasiswa Kristen Surakarta ditentukan oleh tim formatur yang terdiri dari para pembina. Suatu ketika ada salah satu tim formatur yang menyarankan, "pilih saja orang menjadi pengurus dengan memberinya jabatan agar ia aktif melayani di persekutuan." Benarkan saran dan pendapat ini jika diterapkan dalam pemilihan pelayan Kristus? Bagaimana kriteria yang tepat dalam menentukan pilihan?

OBSERVASI

INTERPRETASI

  • Mengapa calon penilik jemaat dan diaken harus diberi kriteria seperti diatas?
  • Mengapa mereka perlu diuji dahulu baru kemudian diberi kedudukan atau jabatan?

APLIKASI

  • Siapkah saudara melayani sebagai penilik jemaat dan diaken? Berilah alasannya!
  • Bagaimana kekuatan dan kelemahan hidup saudara jika dilihat dari kriteria diatas?

DISKUSI

  • Bagaimana hasilnya jika pelayan Kristus tidak diseleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang alkitabiah? Bandingkanlah antara pelayan Kristus yang memenuhi kriteria dengan pelayan Kristus yang tidak memenuhi kristeria!

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 3:13
  • Bacalah buku berjudul "Pekerja Kristus" karangan Watcman Nee, Penerbit: Kalam Hidup: Bandung.

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakanlah gereja dan lembaga-lembaga pelayanan agar menerapkan kriteria pelayan Kristus yang alkitabiah dalam rangka pemilihan pelayan-pelayan Kristus.

[Daftar Isi 00217]

6. KEWASPADAAN PELAYAN KRISTUS

SASARAN

  • Agar anggota KTBK mengerti dasar kebenaran dan hidup sebagai jemaat Allah.

TEKS

1Ti 3:14-4:8

INTRODUKSI

  • Rasul Paulus dengan serius pernah mengingatkan jemaat Efesus agar mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah supaya dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis.
  • Alasannya, karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging tetapi melawan roh-roh jahat di udara.
  • Apakah saudara menyadari hal tersebut diatas dan selalu waspada terhadap tipu muslihat iblis?

OBSERVASI

  • Telitilah sumber dan dasar kebenaran jemaat Allah! (ayat 1Ti 3:14-16)
  • Bagaimana kita bisa mengenal sumber dan dasar kebenaran jemaat Allah? (ayat 1Ti 3:14-16)
  • Selidikilah fenomena-fenomena apa yang terjadi di dalam jemaat! (1Ti 4:1-5)
  • Bagaimana sebagai pelayan Kristus menghadapi fenomena tersebut di atas? (ayat 1Ti 4:6-8)

INTERPRETASI

  • Mengapa jemaat bisa murtad?
  • Mengapa pelayan Kristus harus mengingatkan jemaat yang murtad?

APLIKASI

  • Bagaimana saudara waspada terhadap ajaran-ajaran yang menyesatkan di dalam jemaat?
  • Bagaimana sikap saudara terhadap orang yang tersesat?

DISKUSI

  • Carilah model-model tipu daya setan yang terjadi pada jemaat masa kini!
  • Bagaimana menghadapi orang yang akan murtad dan yang sudah murtad?

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 3:16
  • Kunjungi dan nasehatilah saudara seiman yang sekarang sudah murtad agar mereka kembali kepada Yesus!

EVALUASI
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakanlah supaya anggota KTBK dan jemaat Tuhan tidak murtad! Doakanlah pelayan-pelayan Kristus agar selalu mengingatkan jemaatNya yang murtad dan mengikuti ajaran setan-setan

[Daftar Isi 00217]

7. KEUNGGULAN PELAYAN KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mengenal dan menjadi pelayan Kristus yang unggul dalam segala aspek.

TEKS

1Ti 4:6-16

INTRODUKSI

Dalam buku Menjadi Manusia Unggul yang Disertai Tuhan Ir Ciputra mendefinisikan manusia unggul adalah manusia yang memiliki hidup iman, cara berpikir, kompetensi dan karakter-karakter tertentu yang ternyata menunjukkan sebuah standar keunggulan tertentu sedemikian rupa sehingga kehidupan rohani, karir dan sosial mereka mencapai sebuah tingkat keberhasilan yang tinggi. Sepuluh manusia unggul yang masuk dalam kategori ini diantaranya: Dr. J. Leimena, DR. T.B. Simatupang, Mother Teresa, dll. Sudahkah saudara menjadi manusia unggul? Bagaimana mengenal dan menjadi pelayan Kristus yang unggul?

OBSERVASI

  • Bagaimana keunggulan seorang pelayan Kristus dalam aspek pengajaran? (ayat 1Ti 4:6-7a) Bagaimana keunggulan seorang pelayan Kristus dalam ibadahnya? (ayat 1Ti 4:7-9)
  • Bagaimana keunggulan seorang pelayan Kristus dalam aspek keteladanan hidup? (ayat 1Ti 4:12)
  • Bagaimana keunggulan seorang pelayan Kristus dalam aspek pelayanan? (ayat 1Ti 4:14) Bagaimana keunggulan seorang pelayan Kristus dalam aspek dampak pelayanan? (ayat 1Ti 4:15-16)

INTERPRETASI

  • Apa artinya 'latihlah dirimu beribadah'?
  • Mengapa pelayan Kristus harus terdidik dalam soal pokok iman?
  • Apa artinya 'menjadi teladan'?

APLIKASI

  • Evaluasilah diri sendiri. Sudahkah saudara memenuhi aspek-aspek sebagai pelayan Kristus yang unggul?
  • Sharingkan hal-hal apa saja yang belum saudara miliki sebagai seorang pelayan Kristus yang unggul! Bagaimana solusinya?

DISKUSI

  • Diskusikanlah pendapat dikalangan hamba Tuhan yang mengatakan bahwa seorang pelayan Kristus tidak perlu sekolah teologia, cukup dipenuhi Roh Kudus saja!
  • Apakah pemahaman 'latihlah dirimu beribadah' hanya sebatas rajin beribadah di gereja saja?

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 4:11-12
  • Carilah paling sedikit 5 cara untuk meningkatkan sumber daya manusia di tempat pelayanan saudara! Sharingkanlah dalam pertemuan mendatang!

EVALUASI

________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________
________________________________________________________

DOA

  • Doakanlah supaya anggota KTBK dan hamba-hamba Tuhan menjadi pelayan Kristus yang unggul dalam segala aspek.

[Daftar Isi 00217]

8. PARTISIPASI PELAYAN KRISTUS

SASARAN

  • Agar anggota KTBK memiliki perhatian dan partisipasi kepada orang lain dalam pelayanan terutama kepada orang yang terlantar.

TEKS

1Ti 5:1-16

INTRODUKSI

Menurut Kitab Kisah Para Rasul, kehidupan jemaat mula­mula tidak ada yang kekurangan karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah menjualnya dan hasil penjualan di bawa dan diletakkan di depan kaki rasul-rasul kemudian dibagi-bagikan kepada semua orang sesuai dengan keperluan mereka. Dapatkah hal ini dilakukan dalam gereja masa kini? Seberapa besar partisipasi jemaat masa kini terhadap orang yang berkekurangan?

OBSERVASI

  • Bagaimana sikap yang dianjurkan Paulus bagi orang yang tua, orang muda dan para janda? (1Ti 5:1-3)
  • Telitilah kriteria janda yang benar dan janda yang salah ditinjau menurut umur (1Ti 5:9), pekerjaan (ayat 1Ti 5:10), iman ( 1Ti 5:4-5) dan kekayaan (1Ti 5:4-13)
  • Bagaimana sikap terhadap janda-janda yang muda (1Ti 5:11-16)

INTERPRETASI

  • Mengapa orang yang tua perlu di tegur? (Bandingkan Maz 119:100).
  • Mengapa janda-janda perlu di bantu dan diperhatikan oleh jemaat? Bandingkan dengan orang miskin, kelaparan, sakit dan yatim piatu.
  • Bagaimana hubungan jemaat dengan janda yang benar­benar janda?

APLIKASI

  • Sharingkan pengalaman saudara dalam menolong mereka yang sangat membutuhkan.
  • Ceritakan pengalam saudara membantu orang yang keliru!

DISKUSI

  • Mengapa jemaat perlu membantu janda-janda, yatim piatu dan fakir miskin?
  • Apa saja yang menjadi halangan dan tantangan dari yang diberi?

AKSI

  • Menghafalkan ayat: 1Ti 5:16
  • Anggota KTBK bersama-sama memberi kepada janda­janda dan anak yatim piatu dalam minggu ini!

    EVALUASI
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________

    DOA

    • Doakan para janda, yatim piatu dan fakir miskin agar meneria Yesus, bertobat dan menjadi manusia yang benar.

    [Daftar Isi 00217]

    9. KEHORMATAN PELAYAN KRISTUS

    SASARAN

    Agar anggota KTBK memiliki sikap hormat kepada pelayan-pelayan Kristus dan memelihara kemurnian hati sebagai pelayan Kristus.

    TEKS

    1Ti 5:17-6:2a

    INTRODUKSI

    Seorang pelayan Kristus bertanya, "bagaimana memiliki kehormatan dalam pelayanan?" Jawab temannya, "jaman sekarang kalau pendeta tidak memiliki Mercedez, jabatan tinggi di sinode, banyak uang tidak akan dihormati." Napoleon Bonarparte pernah berpikir, "mengapa Yesus yang sederhana itu diikuti jutaan orang dan semua menghormatinya?" Apa perbedaan kehormatan Yesus pelayan Tuhan sejati dengan pelayan Tuhan masa kini? Apa kuncinya agar pelayan Kristus dihormati orang lain?

    OBSERVASI

    • Apa kriteria penatua yang baik dan yang berdosa? (1Ti 5:17-20)
    • Bagaimana cara menegur penatua yang berdosa? (1Ti 5:19-21)
    • Apa nasehat Paulus kepada Timotius berkaitan dengan pelayanannya? (1Ti 5:22-25)
    • Bagaimana sikap terhadap tuan yang percaya? (1Ti 5:22-25)

    INTERPRETASI

    • Apa artinya menghormati dua kali lipat? Mengapa penatua yang baik pimpinannya patut dihormati 2 kali lipat dan mendapat upahnya? Bandingkan dengan Mat 18:18.
    • Apa alasannya menegur di depan semua orang? Bagaimana dampak kehormatannya kalau di tegur di depan umum?

    APLIKASI

    • Bagaimana pengalaman saudara menghormati pelayan Kristus (Pengkotbah, Pengajar, Guru, Gembala, Penginjil dan Rasul)? Jika saudara pelayan Kristus, sharingkanlah cara memelihara kehormatan pelayanan!

    DISKUSI

    • Carilah aspek-aspek apa saja supaya menjadi pelayan Kristus yang dihormati lebih besar!
    • Sebaliknya, aspek apa saja yang membuat kehormatan pelayan Kristus merosot?
    • Diskusikanlah dalam kepemimpinan masa kini!

    AKSI

    • Menghafalkan ayat: 1Ti 5:17-18
    • Dalam minggu ini hormatilah dan bantulah dalam doa dan dana kepada dua orang pelayan Tuhan. Sebaliknya tegurlah seorang pelayan Kristus yang sedang hidup dalam dosa.

    EVALUASI
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________

    DOA

    • Doakan supaya setiap anggota memiliki sikap menghormati para pelayan Kristus. Doakan supaya setiap pelayan Kristus mampu menjaga diri sebagai pelayan Kristus.

    [Daftar Isi 00217]

    10. NASEHAT PELAYAN KRISTUS

    SASARAN

    Agar anggota KTBK mampu mengajar dan menasehati saudara seiman dengan ajaran Firman Tuhan dan mengkomunikasikannya dengan tepat.

    TEKS

    1Ti 6:2b; 1Ti 6:3-10

    INTRODUKSI

    Majalah SARINAH yang terbit tanggal 18 Pebruari 1985 mencatat daftar wanita-wanita terkaya di dunia. Paloma Piccaso (anak Pablo Picaso: pelukis terkenal) dengan kekayaan 42 juta dolar, Yoko Ono (istri John Lenon): 150 juta dolar, Nabila Kashoggi (anak Adnan Kashoggi), dll. Kekayaan mereka digunakan untuk membeli saham, tanah, berpesta pora bahkan untuk membeli pria-pria tampan idaman hati. Benarkah penggunaan uang dengan cara demikian? Bagaimana sikap pelayan Kristus dan cara menggunakan uang yang benar?

    OBSERVASI

    Selidikilah ajaran dan nasehat yang harus di sampaikan Timotius kepada jemaat dalam hal:

    INTERPRETASI

    Mengapa dan apa artinya:

    • Ibadah harus disertai rasa cukup?
    • Ingin Kaya?
    • Akar segala kejahatan adalah cinta akan uang?

    APLIKASI

    • Bagaimana sikap saudara dalam beribadah yang disertai dengan rasa cukup?
    • Sharingkan pengalaman saudara menasehati orang-orang yang menjadikan ibadah sebagai sumber keuntungan!

    DISKUSI

    • Diskusikan bentuk-bentuk ibadah yang mencari keuntungan pada gereja-gereja masa kini dan hamba­hamba Tuhan yang melayani hanya karena ingin kaya dan cinta akan uang.
    • Carilah penyebab dan bagaimana akibatnya terhadap hal tersebut diatas?

    AKSI

    • Menghafalkan ayat: 1Ti 6:10
    • Buatlah rencana anggaran biaya untuk satu bulan ke depan!
    • Untuk apa saja uang saudara dipergunakan? Evaluasilah penggunaan uang saudara apakah untuk ibadah atau kekayaan pribadi?

    EVALUASI


    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________

    DOA

    • Doakan supaya anggota KTBK dapat beribadah dengan benar dan cukup. Doakan pelayan-pelayan Kristus yang hidupnya berkelimpahan uang agar tidak jatuh dalam dosa dan kejahatan.

    [Daftar Isi 00217]

    11. IKRAR PELAYAN KRISTUS

    SASARAN

    Agar anggota KTBK berani mengikrarkan ikrar yang benar sebagai pelayan Kristus yang setia

    TEKS

    1Ti 6:11-21

    INTRODUKSI

    Kegerakan pemuda di Indonesia ditandai dengan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang berbunyi "Kami Pemuda Indonesia: bertanah air satu: tanah air Indonesia, berbangsa satu: bangsa Indonesia dan berbahasa satu: bahasa Indonesia." Ikrar ini mengobarkan semangat perjuangan sampai Indonesia merdeka dari penjajah. Perlukah pelayan Kristus berikrar? Bagaimana konsekwensinya?

    OBSERVASI

    • Untuk apa saja Timotius dipanggil sebagai manusia Allah (ayat 1Ti 6:11-12)
    • Selidikilah ikrar Timotius: isinya (ayat 1Ti 6:12), kepada siapa diikrarkan (ayat 1Ti 6:13), bagaimana dan sampai kapan ikrar itu dilaksanakan (ayat 1Ti 6:14-16)!
    • Apa dan bagaimana hubungan antara ikrar Timotius dengan ikrar Tuhan Yesus? (ayat 1Ti 6:13-16, bandingkan dengan Yoh 18:37)

    INTERPRETASI

    • Apa arti ikrar? Mengapa Paulus mengingatkan Timotius tentang ikrarnya yang benar sebagai pelayan Kristus?
    • Apa artinya bertanding dalam pertandingan iman yang benar? (Bandingkan: 2Ti 4:6-7)
    • Apa maksudnya Timotius adalah manusia Allah?

    APLIKASI

    • Sharingkanlah ikrar saudara sebagai pelayan Kristus!
    • Ceritakanlah hal-hal yang bisa menghalangi pelaksanaan ikrar saudara sebagai pelayan Kristus! Bagaimana solusinya!

    DISKUSI

    • Apakah iman bisa hilang?
    • Apa yang membuat iman bisa menyimpang?
    • Bagaimana mempertahankan iman supaya tidak menyimpang sampai Yesus menyatakan diriNya?

    AKSI

    • Ayat hafalan: 1Ti 6:12
    • Buatlah ikrar saudara sebagai pelayan Kristus yang berisi komitmen sepanjang hidup melayani Yesus.
    • Sharingkanlah pada pertemuan yang akan datang!

    EVALUASI
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________
    ________________________________________________________

    DOA

    • Doakanlah setiap pelayan Kristus setia dengan panggilannya dan mengerjakan ikrarnya sampai Tuhan datang ke dua kali. Doakanlah hamba-hamba Tuhan yang menyimpang dari imannya agar kembali beriman pada Yesus.

    [Daftar Isi 00217]

    MEMAHAMI KEBUTUHAN ANGGOTA KTBK

    Gambar Tabel ==> Image 00026


    [Daftar Isi 00217]

    BAHAN KTB KOTEKSTUAL
    ______________________________________________________________________________________________________________
    |           | BAHAN UTAMA                           |  BUKU REFERENSI                                          |
    |           |                                       |                                                          |
    | PENEGUHAN | "Teguh di Dalam Kristus"              |  * Robert Cook, Setelah Aku Percaya,                     |
    |           | (Surat I Yohanes)                     |    Kalam Hidup.                                          |
    |           | "Mengenal Kristus Yang Sebenarnya 1   |  * John RW. Stott, Kedau latan & Karya                   |
    |           | (Injil Yohanes)                       |    Kristus, YKBK/OMF, Jakarta                            |
    |           | "Mengenal Kristus Yang Sebenarnya 2   |  * WS. Heath, Tak Mengambang, Tak Meleset,               |
    |           | (Injil Yohanes 1-12)                  |    Andi Offset, Yogyakarta                               |
    |           |                                       |  * Neil Anderson, Siapakah Anda Sesungguhnya,            |
    |           |                                       |    LLB, Bandung                                          |
    |           |                                       |                                                          |
    | PEMBINAAN | "Bertumbuh Ke Arah Kristus"           |  * Jerry White, Kuasa Penyerahan Diri,                   |
    |           | (Surat Kolose)                        |    Kalam Hidup, Bandung                                  |
    | DASAR     | "Dewasa di Dalam Kristus"             |  * John White, Harga Penyerahan Diri,                    |
    |           | (Surat Efesus)                        |    Kalam Hidup, Bandung                                  |
    |           | "Melangkah Bersama Yesus"             |  * James Dobson, Kala Tuhan Tidak Dipahami,              |
    |           | (Surat Yakobus)                       |    Abdi Tandur, Jakarta                                  |
    |           | "Serupa Dengan Kristus"               |  * Michael L. Brown, Melawan Godaan Dosa,                |
    |           | (Surat Filipi)                        |    Yayasan Andi, Yogyakarta                              |
    |           |                                       |  * Gerald R. McDemott, Mengenali 12 Tanda                |
    |           |                                       |    Kerohanian Sejati, Yayasan Andi, Yogyakarta           |
    |           |                                       |                                                          |
    | PEMBINAAN | "Menjadi Pelayan Kristus"             |  * Robert Coleman, Rencana Agung Penginjilan,            |
    | LANJUTAN  | (Injil Markus)                        |    Kalam Hidup                                           |
    |           | "Diutus Bagi Kristus"                 |  * Visi & Misi Pelayanan Mahasiswa, Jurnal Alethein,     |
    |           | (Kitab Yunus)                         |    PMKS/PAPS, Edisi 02/Th II                             |
    |           | "Pelayan Kristus Muda"                |  * Watcman Nee, Pekerja Kristus, Kalam Hidup             |
    |           | (Surat Timotius)                      |  * Gottfied O Mensah, Dicari Pemimpin Yang Melayani,     |
    |           | "Pemimpin Yang Berkualitas"           |    YKBK/OMP, Jakarta                                     |
    |           | (Kitab Nehemia)                       |  * Oswald J. Sanders, Kepemimpinan Rohani, Kalam Hidup,  |
    |           |                                       |    Bandung                                               |
    |           |                                       |  * John C. Maxwell, Mengembangkan Kepemimpinan           |
    |           |                                       |    di Sekeliling Anda, Profesional Books, Jakarta        |
    |___________|_______________________________________|__________________________________________________________|


    [Daftar Isi 00217]

    LEMBAR KOMITMEN PERTEMUAN KTB KONTEKSTUAL
    
    Saya rindu dan mau mengambil komitmen dalam KTB Kontekstual
    
    Nama          : ...............................................................
    Tgl. Lahir    : ................................. [   ] Pria       [   ] Wanita
    Alamat        : ...............................................................
    Kota          : .......................................... Kode Pos............
    Telp.         : ............................. Fax..............................
    E-mail        : ...............................................................
    Gereja Lokal  : ...............................................................
    Alamat Gereja : ...............................................................
    
    
    
    ....................., ................
    
    Yang bertanda tangan,
    
    
    
    (.....................)
    
    
    1 lembar untuk pemimpin
    1 lembar untuk data dan pokok doa STTG
    Kirimkan data ini ke:
    Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel
    Jl. Petir 18 Jebres Surakarta 57126 Telp. (0271) 48423

    _______________________________________________________________________________________________
    |GERAKAN CINTA ALKITAB           |         KARTU TANDA ANGGOTA                                 |
    |KTB KONTEKSTUAL                 |   KELOMPOK TUMBUH BERSAMA KONTEKSTUAL (KTBK)                |
    |                                |                                                             |
    |PMK Surakarta-STT Gamaliel-PAG  |   Nomor Kartu    : ................ No Anggota ...........  |
    |(0271) 648423                   |   Pemimpin       : .......................................  |
    |                                |   Alamat Lengkap : .......................................  |
    |                                |   Mulai KTBK     : .......................................  |
    |                                |   Bahan          : .......................................  |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
    |                                |                                                             |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
    |                                |                                                             |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
    |                                |                                                             |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
    |                                |                                                             |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
    |                                |                                                             |
    |________________________________|_____________________________________________________________|
  • Ke Atas


    sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

    Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta © 2005-2017 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
    Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati